Moda Daring Cara Merawat Tanaman Via Whatsapp

Oleh: Fitryah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN online (daring) merupakan salah satu solusi alternati yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran dalam suasana Work From Home (WFH) sebagai dampak pandemik Covid-19. Pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet membuat proses belajar dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Hal ini tentunya menuntut keaktifan siswa dalam menyelesaikan masalah secara kreatif dan inovatif.

Dalam kesempatan ini penulis mengangkat topik pembelajaran daring cara merawat tanaman via whatsapp (WA). Pembelajaran daring tema 7. Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku, Sub Tema 3. Tanaman di Sekitarku bertujuan siswa dapat mempraktikkan dan menceritakan bagaimana cara merawat tanaman dirumahnya dengan baik

Proses pembelajaran daring cara merawat tanaman via WA Kelas I SD Negeri 01 Wringinagung, Kabupaten Pekalongan tidak diikuti oleh semua siswa karena tidak semua orang tua murid siswa memiliki HP. Kepada siswa yang tidak memiliki HP diberikan beberapa alternative diantaranya meminta salah seorang orang tua murid untuk menyampaikan tugas yang diberikan apabila rumah mereka berdekatan. Selain tidak memiliki hp jaringan internet juga menjadi kendala untuk bisa melaksakan pembelajaran dengan baik, itu sebabnya saya mengambil kebijakan dalam pengumpulan tugas saya akan memberikan tenggang waktu bagi murid sampai murid bisa mengirimkan tugasnya.
Pembelaran di SDN 01 Wringinagung, Kab Pekalongan, diawali dengan memberikan motivasi dan mengabsen siswa secara online di group WA kelas. Setelah itu guru menjelaskan cara merawat tanaman yang ada dirumah melalui audio di grup WA kelas. Selanjutnya siswa membaca teks bacaan tentang tanaman pada buku Paket siswa yang sudah dibagikan. Siswa mengerjakan tugas berupa membuat video saat siswa membaca tentang tanaman dan menceritakan pengalamannya bersama orang tua merawat tanaman yang ada di rumah. Siswa di bantu orang tuanya mengirimkan video membacanya dan video cara merawat tanaman yang ada dirumahnya ke grup WA kelas.

Baca juga:   Belajar lebih Efektif dengan Media Flash Card

Untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran daring penulis juga melakukan umpan balik, khususnya bagi siswa yang tidak paham dengan melakukan video call atau telepon secara langsung. Hal ini penulis lakukan dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya seputar materi pembelajaran. Di akhir pembelajaran guru menyampaikan waktu pengumpulan tugas dan kesimpulan cara merawat tanaman di rumah dengan baik. Guru menyampaikan pesan–pesan kepada siswa agar selalu menjaga kesehatan, tetap berada dirumah dan jangan lupa selalu cuci tangan.

Dalam belajar mengajar tidak harus dalam ruangan kelas ataupun lingkungan sekolah saja, semakin banyak invoasi dan kreativitas antara guru, siswa dan orang tua cukup berlangsung proses belajar yang sesungguhnya. Metode-metode yang diajarkan tidak harus sesuai dengan teori saja, sebab belajar dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun dalam keadaan bagaimanapun. (pg2/zal)

Guru SDN 01 Wringinagung, Kab Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya