Asyiknya Belajar Urbanisasi Dengan Teknik Wawancara

Oleh : Indria, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu dampak pandemi Covid-19 pada dunia pendidikan adalah sistem pembelajaran klasikal secara tatap muka seperti biasa, tidak dapat dilaksanakan karena terkendala oleh protokol kesehatan penanganan Covid-19. Untuk mengantisipasi hal ini, pembelajaran jarak jauh harus dilakukan. Ini menghasilkan perubahan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh tidak lagi tergantung pada guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Pembelajaran dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Untuk mencapai kesuksesan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan didukung oleh penggunaan internet sebagai bagian integral di dalamnya.

Pembelajaran online, membutuhkan manajemen yang baik dan optimal, untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran online memiliki banyak permasalahan di antaranya infrastruktur, jaringan, kemampuan untuk menggunakan IT dan keterbatasan georafis. Untuk itu, seluruh stakeholder pendidikan perlu menyiapkan infrastruktur yang dapat menghasilkan efektivitas dan efisensi pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Hal ini membuat penulis memilih metode pembelajaran yang efektif untuk materi urbanisasi karena merupakan salah satu meteri yang kurang menarik bagi peserta didik kelas XII IPS 3 SMAN 1 Bojong Kabupaten Pekalongn, supaya peserta didik bisa terus terpantau secara langsung. Sehingga ketercapaian ketuntasan belajar klasikal di atas 85%.

Baca juga:   Belajar Klasifikasi Menjadi lebih Mudah dengan Metode Sosis Sapi

Hasil observasi lewat pembelajaran jarak jauh di kelas XII IPS.3 SMA 1 Bojong, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran kurang baik. Aktivitas belajar peserta didik yang meliputi kemampuan bertanya dan menanggapi, mengemukakan pendapat, menjawab atau memberi tanggapan terhadap pertanyaan pembelajaran jarak jauh kurang aktif. Berbagai upaya telah dilakukan guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Namun masih tetap ada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar.

Strategi yang sering digunakan pada pembelajaran jarak jauh adalah melihat video pembelajaran kemudian mendiskusikan secara berkelompok, tetapi strategi ini karena sering digunakan maka peserta didik menjadi bosan. Respon peserta didik pasif hanya menonton video, sementara komunikasi di kelas hanya dikuasai beberapa peserta didik. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, metode pembelajaran yang dilakukan perlu dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik ikut berperan aktif dalam menemukan konsep materi yang akan dipelajari.

Maka penulis merancang agar peserta didik dapat ikut berperan aktif dalam menemukan konsep urbanisasi dengan teknik wawancara. Wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Wawancara merupakan salah satu teknik pembelajaran yang dapat melatih peserta didik dalam mengungkapkan pendapat.

Baca juga:   Kembangkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Paragraf dengan Kalimat Berantai

Agar penerapan teknik wawancara dapat berjalan dengan baik, langkah yang harus diterapkan oleh guru adalah sebagai berikut: (1) Pada pertemuan sebelumnya guru menyampaikan pokok bahasan materi pembelajaran dan teknik pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran jarak jauh pekan depan. (2) Guru bersama peserta didik membuat daftar pertanyaan wawancara dan menggugah rasa ingin tahu peserta didik. (3) Guru memberi tugas untuk setiap peserta didik mewawancarai 1 orang urban secara online, bisa tetangga atau saudara. (4) Hasil wawancara harus disampaikan pada pertemuan berikutnya.

Dengan penerapan teknik wawancara untuk mendapatkan konsep urbanisasi ternyata dapat mengaktifkan peserta didik. Peserta didik mendapatkan alasan melakukan urbanisasi, dampak positif dan negatif urbanisasi bagi kota dan desa mereka dapatkan langsung dari pelaku. Sehingga konsep urbanisasi dapat pahami dan pembelajaran jadi lebih berkesan dan menyenangkan. (ti1/ton)

Guru Geografi SMAN 1 Bojong Kab. Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya