Office 365 Tingkatkan Partisipasi Siswa Belajar PPKn

Oleh: Titik Dyah Ratnawati S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MASA pandemi sekarang ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa di semua sendi kehidupan termasuk pada bidang pendidikan. Sekolah-sekolah di seluruh jenjang pendidikan tidak boleh lantas berhenti hanya karena pandemi. Harus ada solusi demi keberlangsungan pembelajaran di tengah pandemi. Bentuk pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai solusi di masa pandemi adalah dengan menggunakan media pembelajaran secara daring ( online ) Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah dan dirasa berat oleh pendidik maupun peserta didik. Terutama bagi pendidik, dalam hal ini adalah guru dituntut lebih kreatif dalam menyiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran serta lebih selektif dalam memilih sarana media online yang digunakan agar lebih mudah dalam pelaksaaan proses belajar mengajar.

Menurut Moore, Dickson-Deane & Galyen (2011) Pembelajaran daring adalah pembelajaran menggunakan akses internet dengan aksebilitas, konektivitas, fleksibelitaas dan kemampuan untuk memuculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Pakar pendidikan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) mengatakan bahwa pembelajaran daring menuntut guru lebih kreatif. Dengan begitu peserta didik tidak akan mengalami kejenuhan dalam melakukan proses pembelajaran. Mengenai kreativitas guru baik dari sisi pedagogik atau bagaimana cara mengajar maupun teknologi yang digunakan.

Di SMPN 19 Semarang tempat penulis mengajar juga dituntut melakuan kegiatan pembelajaran melalui daring. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring, dari berbagai macam jenis aplikasi tesebut penulis cenderung memilih menggunakan aplikasi Office 365 untuk melaksanakan PJJ mata pelajaran PPKn. Office 365 merupakan paket layanan produk-produk Microsoft untuk memberikan efisiensi kerja dan meningkatkan produktivitas dalam berbagai pekerjaan, termasuk di dalamnya bidang pendidikan.

Baca juga:   Belajar Penemuan Optimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Keunggulan Office 365 dibandingkan dengan yang lain diantaranya mempermudah guru chating dengan semua siswa maupun secara individu, guru dapat membuat kelas dengan membagi kelompok, guru dapat menjadwalkan meeting atau pertemuam dengan siswa, guru dapat membuat kelompok diskusi, guru dapat memberikan tugas pada siswa dan memeriksa tugas yang dikumpulkan siswa, guru dapat memberikan evaluasi atau ulangan daring, guru dapat mengshere bahan ajar yang sudah dibuat dalam bentuk video, ppt. pdf, dokumem word, dan lain-lainnya, masing-masing siswa memiliki buku catatan harian, tersedia papan tulis digital, guru dapat mengitergrasikan aplikasi office 365 lain seperti form, sway, powerpoint, dan lain-lainya

Dengan Office 365 partisipasi siswa dalam PJJ sangat bagus. Partisipasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “participation” adalah pengambilan bagian atau pengikut sertaan (Suryosubroto, 2002:278). Menurut Keit Davis dalam Suryosubroto (2002 : 279) menyatakan bahwa partisipasi adalah keterlibatan mental dan emosi seseorang untuk pencapaian tujuan dan ikut bertanggung jawab di dalamnya. Menurut Moelyarto Tjokrowinoto dalam Suryosubroto (2002:278) partisipasi adalah penyertaan mental dan emosi seseorang dalam situasi kelompok yang mendorong mereka untuk mengembangkan daya pikir dan perasaan mereka bagi tercapainya tujuan-tujuan, bersama bertanggung jawab terhadap tujuan tersebut. Keterlibatan siswa merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran. Dalam kegiatan belajar, siswa dituntut secara aktif untuk ikut berpartisipasi dalam pembelajaran.

Baca juga:   Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi

Siswa yang aktif dalam pembelajaran akan terlihat pada baik buruknya prestasi yang diperoleh. Mengingat saat ini pembelajaran berlangsung jarak jauh maka perlu sarana dan prasarana pendukung yang memungkinkan terwujudnya partisipasi aktif siswa dalam PJJ untuk menunjang keberhasilan prestasi belajarnya. Untuk kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang, khususnya dalam mata pelajaran PPKn materi bab 6 “Memperkuat Komitmen Kebangsaan” penulis memanfaatkan Office 365 yang telah penulis petik hasilnya dan dapat meningkatkan angka partisipasi siswa dalam PJJ, meskipun harus disadari bahwa setiap aplikasi tentu memiliki berbagai kekurangan di samping kelebihannya. (ipa1/zal)

Guru SMPN 19 Semarang.

Author

Populer

Lainnya