Membedakan GLB dan GLBB dengan Staples

Oleh : Syaiful Anwar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBERLAKUAN kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat pendidik dan siswa kaget termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam rumah.

(Trianto, 2014) mengemukakan bahwa proses belajar mengajar IPA lebih ditekankan pada pendekatan keterampilan proses, hingga siswa dapat menemukan fakta-fakta, membangun konsep-konsep, teori-teori, dan sikap ilmiah siswa itu sendiri yang akhirnya dapat berpengaruh positif terhadap kualitas proses pendidikan maupun produk pendidikan. Marsetio Donosepoetro ( dalam Trianto, 2010: 137) memandang IPA sebagai proses, sebagai produk, dan juga sebagai prosedur. Sebagai proses artinya semua kegiatan ilmiah digunakan untuk menyempurnakan pengetahuan alam maupun untuk menemukan pengetahuan baru. Sebagai produk artinya sebagai hasil dari proses, berupa suatu pengetahuan yang diajarkan di sekolah maupun diluar sekolah, atau berupa bacaan yang berfungsi untuk penyebaran suatu pengetahuan. Sebagai prosedur artinya metode atau cara yang digunakan untuk mengetahui suatu pengetahuan disebut dengan metode ilmiah.

Pengalaman pembelajaran siswa SMPN 2 Brangsong, Kendal, melalui praktikum di laboratorium dengan menggunakan alat praktikum untuk membuktikan teori sekaligus memperdalam materi pada masa pandemi Covid-19 tidak bisa terlaksana. Demikian pula dengan praktikum materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) tidak bisa dilaksanakan di laboratorium sekolah.
Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) merupakan materi gerak pada benda dan diajarkan di Kelas VIII. Pada materi ini peserta didik diharapkan dapat menentukan ciri-ciri GLB dan GLBB melalui membaca grafik hasil praktikum dengan menggunakan Ticker Timer. Alat-alat yang digunakan pada praktikum ini berupa alat ketik (ticker) yang dihubungkan dengan catu daya, pita kertas, carbon sheet, trolly (mobil-mobilan).

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih dengan Metode Action Learning

Gerak Lurus Beraturan (GLB) memiliki ciri-ciri: mempunyai kecepatan yang tetap (grafik hubungan antara kecepatan dan waktu berupa garis lurus, grafik hubungan antara jarak dan waktu berupa diagonal, sedangkan ketika melihat hasil ticker timer jarak antar titik pada pita kertas selalu sama. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dibedakan menjadi dua yaitu GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat, GLBB dipercepat memiliki ciri-ciri: grafik hubungan antara kecepatan dan waktu garis naik, jarak titik pada ticker timer semakin renggang. GLBB diperlambat memiliki ciri-ciri: grafik hubungan antara kecepatan dan waktu berupa garis menurun, jarak titik pada ticker timer semakin rapat.

Konsep diatas yang menjadi dasar praktikum peserta didik dirumah dengan menggunakan alat-alat yang ada dirumah, yaitu dengan menggantikan alat ticker dengan staples kertas yang biasa digunakan untuk menstaples kertas, kardus snack, pita kertas dapat dibuat sendiri dengan menggunakan potongan kertas yang disambung, atau menggunakan pita dengan ukuran yang kecil. Jika di rumah tidak ada trolly (mainan mobil-mobilan), bisa berkolaborasi dengan anggota keluarga di rumah.

Baca juga:   PjBL Solusi Pembelajaran Memerankan Fabel di Era Pandemi

Cara kerjanya adalah Guntingan kertas/Pita ditarik sambil berjalan kaki dan dilewatkan staples yang terus digerakan sehingga membuat bekas pada pita, peserta didik mengamati hasil kenaan staples melaui tiga perlakuan, yaitu ditarik dengan jalan kaki tetap, jalan kaki dipercepat dan jalan kaki diperlambat, sehingga melalui pengamatan tersebut siswa dapat menyimpulkan mana hasil kenaan untuk GLB, GLBB dipercepat dan GLBB diperlambat.

Pembelajaran IPA yang menyenangkan pada masa Pandemi ini tetap dapat dilakukan di rumah dengan peralatan sederhana, tetapi dapat menjelaskan konsep dengan benar. Laporan dari praktikum IPA ini dapat digunakan sebagai penilaian aspek keterampilan. (ipa1/zal)

Guru SMPN 2 Brangsong, Kendal.

Author

Populer

Lainnya