Memotivasi Guru untuk Meningkatkan Profesi di Masa Pandemi

Oleh : Sri Dumadi, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MOTIVASI adalah suatu alasan atau dorongan yang dijadikan sebagai dasar dari semangat seseorang guna mengerjakan sesuatu agar dapat mencapai tujuan atau motto hidup tertentu. Sebagai pimpinan di satuan pendidikan, hendaknya memberikan semangat kepada warga sekolah, agar tujuan pembelajaran yang dikerjakan oleh guru pada masing-masing kelas yang dilakukan oleh guru kelas maupun guru mata pelajaran yang lain dapat tuntas yang disertai pemenuhan sarana dan prasarana.

Di masa pandemi ini, sebagai Kepala Sekolah dapat menyikapi sesuai tugas pokok dan fungsinya, yaitu memanfaatkan semangat kerja, agar tetap melaksanakan tanggung jawabnya secara optimal. Pembelajaran yang dimaksud dengan sistem daring yang rutin dipantau, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sebagai tenaga yang profesional, mengemban tugas dengan ikhlas sesuai aturan yang berlaku dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran, meskipun tidak tatap muka di depan kelas. Teknik yang digunakan boleh dengan home visit atau kunjungan rumah, tetapi tetap juga menjaga dengan protokoler sesuai aturan medis, yaitu jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menakai masker, dengan jumlah siswa tidak lebih dari setengah. Pembelajaran dengan media handphone android, orang tua dapat memantau tugas belajar anaknya. Sebagai tenaga pendidik yang profesional, dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan, demi kemajuan anak didik, sehingga dapat meningkatkan profesi. Pembelajaran yang dilakukan guru dengan penjadwalan sesuai tema dengan buku pembelajaran dan fasilitas yang ada. Guru juga dapat memantau tugas yang disampaikan kepada siswanya, agar orang tua juga nerespon tugas anaknya, apabila terdapat tugas yang belum disampaikan, orang tua maupun guru dapat menginatkan bersama.

Baca juga:   Serunya Belajar Teks Pidato dengan Metode Talking Stick

Menurut Hamalik (1992; 173), Motivasi adalah perubahan energi yang ada pada diri seseorang yang ditandai dengan adanya perasaan serta reaksi untuk mencapai sebuah tujuan.

Menurut Uno (2007) versi 2, Motivasi merupakan suatu dorongan eksternal dan internal yang ada pada diri individu serta diindikasikan dengan munculnya minat, keinginan, serta hasrat, kebutuhan dan juga dorongan ; cita – cita serta harapan; dan penghargaan serta penghormatan.

Ada dua jenis motivasi yang diterapkan diSDN 01 Tembelanggunung, Kab, Pekalongan, yaitu motivasi internal, dan motivasi eksternal. Motivasi internal adalah motivasi yang berasal dari dalam diri setiap individu. Motivasi tersebut tumbuh dari dalam tanpa adanya pengaruh dari orang lain; motivasi eksternal adalah motivasi yang berasal dari luar individu itu sendiri. Artinya bahwa, motivasi ini timbul akibat adanya rangsangan atau pengaruh dari orang lain, maupun hal yang berasal dari luar dirinya.

Tujuan motivasi antara lain dapat menentukan arah langkah dalam kehidupan, memberi keputusan tindakan yang diambil, dan dapat menyeleksi perbuatan yang perlu dan tidak perlu.

Baca juga:   Model Outdoor Study Mudahkan Siswa Buat Puisi Sederhana

Mengambil hikmah dari pendapat para ahli sebagai motivator, kita sebagai tenaga pendidik dan kependidikan menjadi garda terdepan dalam menyukseskan pendidikan di tingkat dasar secara profesional dan proposional agar tujuan negara dalam menuntaskan pendidikan dasar dapat tercapai.

Kepala SDN 01 Tembelanggunung, Kab. Pekalongan.

Author

Populer

Lainnya