Membuat Poster 3M Mudahkan Siswa Pahami Pencegahan Covid-19

Oleh : M Majzi,S.P.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI penyakit COVID-19 yang disebabkan corona virus mengakibatkan seluruh aktivitas dan kegiatan manusia terganggu semua. Berbagai aktivitas dan kegiatan manusia seperti di dunia transportasi, industri, kesehatan dan pendidikan, semuanya ikut terganggu semua. Dan lebih khusus dalam dunia pendidikan terganggu, yang tadinya anak sekolah dari tingkatan TK, SD, SMP dan SMA atau yang sederajat dengannya dapat belajar dan sekolah dengan tatap muka di sekolah, tapi sekarang harus belajar melalui istilah sekarang yaitu PJJ (pembelajaran jarak jauh).

Demikian pula yang terjadi dan penulis rasakan sebagai seorang pengajar mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Tirto Kabupaten Pekalongan untuk saat ini harus melakukan proses belajar dan mengajar melalui PJJ. Di kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2020/ 2021 terdapat materi Sistem Pernapasan yang membahas mengenai gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya untuk mencegah atau menanggulanginya. Guru mencoba memberikan materi gangguan pada sistem pernapasan ini dengan cara memberikan tugas pada siswa untuk membuat poster 3M untuk memudahkan pemahaman siswa. 3 M mempunyai arti antara lain memcuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir minimal 20 detik, memakai masker saat bepergian ke luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain kurang lebih 1,5 – 2 meter.

Menurut Sri Anitah dkk (2014 : 5.9), poster merupakan suatu gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual, seperti garis, gambar dan kata-kata yang bermaksud menarik perhatian serta mengomunikasikan pesan secara singkat. Agar lebih efektif, poster seharusnya berwarna dan menimbulkan daya tarik dengan maksud menjangkau perhatian dan menghubungkan pesan-pesannya dengan cepat. Dalam proses pembelajaran, poster dapat menimbulkan perhatian siswa untuk berbagai situasi belajar.

Baca juga:   Keseruan Belajar Drama dengan Role Playing Menggunakan Zoom

Pada materi gangguan pada sistem pernapasan manusia terbagi menjadi 2 bagian yaitu infeksi saluran pernapasan bagian atas atau biasa disingkat dengan ISPA dan infeksi saluran pernapasan bagian bawah. Baik infeksi saluran pernapasan bagian atas atau infeksi saluran pernapasan bagian bawah dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri maupun jamur. Untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas, beberapa jenis penyakit dapat berupa influenza, tosilitis, faringitis, laringitis, rhinitis dan sinusitis. Sedangkan untuk infeksi saluran bagian bawah, beberapa jenis penyakitnya dapat berupa : pneumonia, tuberculosis, asma, kanker paru-paru dan bronkitis serta yang sedang menjadi pandemi saat ini adalah Covid-19.

Penyakit Covid-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu SARS-CoV-2 yang juga sering disebut virus Corona. Infeksi virus Corona bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu, atau infeksi sistem pernapasan dan paru-paru, seperti pneumonia. Covid-19 awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Setelah itu, diketahui bahwa infeksi ini juga bisa menular dari manusia ke manusia. Penularannya bisa melalui cara-cara berikut: tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita Covid-19 bersin atau batuk, memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita Covid-19, kontak jarak dekat (kurang dari 2 meter) dengan penderita Covid-19 tanpa mengenakan masker.

Baca juga:   Model VAK Efektif untuk Pembelajaran IPA

Dari uraian tersebut guru memberikan tugas pada siswa kelas VIII untuk membuat poster 3 M (memcuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir selama 20 detik, menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, menjaga jarak (social distancing) dengan orang lain). Siswa dapat memilih 1 dari 3 pilihan yang akan dibuat untuk membuat tema poster yang ingin dibuat. Poster yang dibuat oleh siswa juga harus diberi warna agar poster yang dibuat lebih bermakna dan berkesan.

Dengan pembuatan poster 3 M yang dibuat oleh siswa kelas VIII SMPN 2 Tirto Kabupaten Peklaongan, diharapkan siswa yang membuat poster lebih mudah mengingat dan memahami dengan mudah mengenai cara pencegahan penyebaran penyakit Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi penyakit pandemi di seluruh dunia tidak terkecuali di negara Indonesia yang kita cintai ini. (gb1/zal)

Guru SMPN 2 Tirto Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya