Manfaat Belajar Pengembangan Ornamentasi Vokal dalam Menyanyikan Harmoni Paduan Suara

Oleh : Ully Maharani Shakti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Memahami Teknik Pengembangan Ornamentasi Melodis Maupun Ritmis Lagu dalam Bentuk Kelompok Vokal adalah salah satu materi pelajaran Seni Musik kelas IX SMP semester I. Untuk lebih memahami materi ini kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu ornamentasi. Menurut tim penulis buku paket Seni Budaya Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud (2018: 40) ornamentasi adalah penambahan nada-nada tertentu atau memberikan hiasan pada melodi dan harmoni utama sebuah lagu agar memperindah lagu.

Ornamentasi tidak mengubah melodi dan harmoni utama sebuah lagu karena memberikan hiasan dengan aksesori yang relatif kecil. Ada banyak macam ornamentasi dalam musik. Dalam ornamentasi solo vokal cara yang dilakukan dalam membuat ornamentasi adalah dengan menambahkan not-not cepat di sekitar not utama. Sedangkan dalam dalam bentuk kelompok vokal, ornamentasi harmonis memiliki prinsip yang serupa dengan ornamentasi melodis.

Jika ornamentasi melodis adalah ornamentasi yang ditambahkan secara horizontal mengikuti garis melodi, maka ornamentasi harmonis adalah ornamentasi ditambahkan secara vertikal mengikuti garis harmoni. Ada beberapa metode ornamentasi harmonis, di antaranya ornamentasi akor dan ornamentasi ritmis. Dalam situs www.superprof.co.id Kurniawan mengatakan harmoni adalah beberapa suara yang berbeda yang dihasilkan serentak. Setidaknya siswa punya pengetahuan dasar tentang teori musik, akord, dan telinga yang bagus. Dalam paduan suara, harmoni adalah segalanya. Sederhananya, harmoni adalah beberapa notasi yang diproduksi dengan irama yang sama. Secara umum, ada tiga notasi utama: root, ketiga, dan kelima. Sebagai contoh, akord C mayor terdiri dari C (root), E (ketiga), dan G (kelima). Suara utama akan menyanyikan root sedangkan suara-suara lain akan menyanyikan yang ketiga dan kelima.

Baca juga:   Pembelajaran Jarak Jauh Efektif dengan Modul Buatan Guru

Meskipun siswa bisa menyelaraskan suara siswa dengan guru saat latihan, tetapi bisa berbeda pada paduan suara karena menyanyi selaras dengan orang lain adalah salah satu teknik vokal utama yang harus siswa kuasai. Siswa akan belajar menyanyikan nada root, nada ketiga, dan nada kelima. Jika sudah menguasai, siswa bisa belajar cara menyelaraskan dengan semua nada dan semua penyanyi.
Praktik bernyanyi dalam paduan suara tidak semuanya mudah dan menyenangkan. Siswa harus memiliki suara yang kuat, solid, dan fleksibel sehingga siswa bisa berbaur dalam kelompok.
Tidak mudah menemukan jangkauan vokal siswa ketika sedang bernyanyi dalam grup. Bahkan, seorang penyanyi paduan suara juga seringkali diharapkan bisa menyanyi berbagai macam lagu yang tidak sesuai tessitura mereka.

Selain harmonisasi, tantangan utama dalam materi Memahami Teknik Pengembangan Ornamentasi Melodis Maupun Ritmis Lagu dalam Bentuk Kelompok Vokal adalah penerapan ornamentasi dalam lagu. Siswa harus benar-benar memahami penerapan ornamentasi dalam kelompok vokal. Langkah-langkah dalam latihan memberi ornamentasi pada lagu yaitu menentukan tema lagu, lalu menentukan bagian yang akan diberikan ornamentasi.

Baca juga:   Sinergitas Guru dengan Siswa dalam Proses Pendidikan

Ornamentasi dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahap-tahap selanjutnya. Menentukan ketukan, menerapkannya dalam melodi lagu dan menerapkan dalam lirik lagu. Banyak keuntungan menjadi anggota paduan suara. Selain manfaat fisik dan psikologis, siswa menikmati dinamika kelompok, meningkatkan kemampuan bernyanyi. Mengembangkan kepercayaan diri, dan bertemu orang-orang baru.

Belajar pengembangan ornamentasi vokal dalam menyanyikan harmoni pada paduan suara yaitu peserta didik dapat memahami penerapan ornamentasi atau penambahan nada-nada tertentu atau memberikan hiasan pada melodi dan harmoni utama sebuah lagu agar memperindah lagu dalam paduan suara.

Memperkuat pengetahuan kita tentang harmoni. Karena dalam paduan suara harmoni adalah segalanya. Itulah sebabnya bergabung dalam paduan suara adalah kunci untuk belajar cara menyanyikan harmoni. Dapat menemukan jangkauan vokal kita ketika sedang bernyanyi dalam grup. Lebih mudah untuk menentukan harmonisasi suara. Jika kita memiliki suara jelek dan melakukan kesalahan dalam bernyanyi, maka penyanyi yang suaranya bagus dengan sangat mudah menutupi kesalahan nada atau lirik ketika bernyanyi. Dapat membentuk banyak suara sekaligus dalam sebuah lagu yang dinyanyikan. (pm2/lis)

Guru SMPN 1 Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Author

Populer

Lainnya