Aplikasi Tik Tok sebagai Sarana Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi

Oleh : Ris Mulyati Sholikhatul Muslikah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, internet merupakan fasilitas yang sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peran guru profesional sangat dibutuhkan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Saat ini dinamika pembelajaran tidak boleh menitikberatkan pada cara yang konvensional, terutama dalam memilih media pembelajaran.

Pembelajaran di era digital harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Tak terkecuali dunia pendidikan juga harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi secara cerdas agar siswa mampu meningkatkan kompetensinya sesuai perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca puisi dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Anak-anak merasa malu dan kurang percaya diri dalam membacakan puisi. Oleh karena itu guru perlu membenahi diri dalam mengikuti perkembangan teknologi, supaya pelajaran membaca puisi tidak lagi menjadi pembelajaran yang berat dan menjemukan.

Untuk itu inovasi dan kreatifitas guru harus ditingkatkan supaya dalam pembelajaran membaca puisi dapat menyenangkan bagi siswa. Maka guru harus mampu mencari metode yang tepat agar motivasi belajar siswa dapat meningkat kemampuan dan keterampilannya.

Dengan metode yang tepat, akan membawa peserta didik mampu mengoptimalkan kemampuan dirinya secara maksimal. Sehingga tujuan kompetensi yang tertuang dalam kompetensi dasar dapat tercapai. Oleh karena itu saat ini guru harus mampu memilih metode yang paling tepat yang diinginkan siswa yaitu aplikasi Tik Tok.

Baca juga:   Cara Mudah Menulis Teks Negosiasi dengan Model Picture and Picture

Aplikasi Tik Tok artinya “video pendek vibrato” yaitu sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok. Dengan adanya aplikasi Tik Tok, komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat serta lebih transparan dalam menyampaikan informasi melalui ekspresi komunikasi (Cahyono, 2016).

Aplikasi Tik Tok merupakan aplikasi media sosial yang sekarang sudah banyak menyebar luas di Indonesia khususnya kalangan remaja. Aplikasi tersebut merekomendasikan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

Akhir-akhir ini aplikasi Tik Tok mengukuhkan diri sebagai aplikasi paling bayak diunduh yakni 45,8 juta kali. Jumlah itu mengalahkan aplikasi paling populer yaitu Youtube, WhatsApp, Facebook Messenger, dan Instagram. Menurut Tekno Kompas.com ada sekitar 10 juta pengguna aktif aplikasi Tik Tok di Indonesia, dan mayoritas pengguna aplikasi tersebut adalah anak usia sekolah.
Maka dapat diketahui bahwa aplikasi Tik Tok sangat digandrungi dan menarik minat para remaja bahkan menjadi primadona. Oleh karena itu Tik Tok dapat diolah menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa. Aplikasi ini dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia terutama untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi. Melalui aplikasi ini, guru dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik.

Baca juga:   Menelaah Unsur Puisi lebih Mudah dengan Metode Jigsaw

Melihat karakteristik atau sifat pada aplikasi Tik Tok, sangat dimungkinkan untuk didesain sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia yang terdiri dari empat keterampilan yaitu menulis, menyimak, berbicara dan membaca. Untuk keterampilan membaca puisi misalnya, siswa dapat menggunakann fitur rekam suara pada aplikasi ini kemudian dikomunikasikan melalui jejaring. Jadi dengan menggunakan fitur di aplikasi Tik Tok, siswa dapat bermain peran dengan mengedepankan aspek ekspresi dan kreatifitasnya. Berdasarkan asumsi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Tik Tok menjadi hal yang interaktif bagi siswa. Dengan demikian aplikasi Tik Tok dapat memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang baik, yaitu menarik dan dekat dengan siswa khususnya dalam pembelajaran membaca puisi. (pm2/lis)

Guru MAN 1 Gunungkidul – DIY

Author

Populer

Lainnya