Manfaat Internet dalam Peningkatan Pembelajaran Listening

Oleh : Evawani Palupi S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi secara global di dunia. Internet sebagai media komunikasi global memungkinkan diterapkan sebagai media pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Inggris.

Berdasarkan kajian terhadap beberapa literatur tentang pemakaian internet dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat disimpulkan bahwa internet sangat disarankan sebagai media pembelajaran bahasa. Mengapa belajar listening? Listening belum mendapatkan perhatian yang cukup luas di masa sebelumnya. Padahal keterampilan ini paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari (Burely-Allen, 1995). Hal yang sama diungkapkan oleh Nunan (1997) listening sebagai “Cinderella Skill” yang dipandang sebelah mata oleh saudara tuanya, speaking, dalam pembelajaran bahasa kedua.

Lebih jauh Burely menyatakan fakta ini bertolak belakang dengan kenyataan bahwa lebih dari 40 persen komunikasi kita sehari-hari difokuskan pada listening, 35 persen untuk speaking, 16 persen untuk reading. Hanya 9 persen untuk writing. Nunan (1997) menekankan 50 persen waktu yang digunakan oleh siswa dalam belajar bahasa asing dihabiskan untuk listening.

Dengan demikian, listening memegang peranan yang cukup penting dalam pembelajaran bahasa asing. Aj Hoge dalam videonya mengungkapkan dengan listening, pembelajar sekaligus belajar grammar, vocabulary, mudah dan lebih cepat memahami. Dia menegaskan kunci utama belajar bahasa asing adalah “learn with your ear not with your eyes” (belajarlah dengan telingamu dan jangan dengan matamu).
Pembelajar dapat diarahkan untuk memanfaatkan internet untuk mengasah kemampuan listening mereka. Harmer (1998: 98) menyatakan permasalahan yang utama bukan pada materi yang otentik atau nonotentik. Tapi yang terpenting adalah siswa dihadapkan pada pengalaman mendengarkan suara penutur asli bahasa Inggris.

Baca juga:   Bermain Peran dalam KBM Mapel PPKn

Berikut ini contoh beberapa situs yang menyediakan latihan listening (dikutip dari Warschauer, 2000: 30, Nunan, 2007: 155). Penulis juga menambahkan beberapa situs berdasarkan pengalaman mengajar listening. Randall’s ESL Cyber Listening Lab (http://www.esl-lab.com). Situs ini menyediakan lebih dari 100 percakapan dan pembelajaran yang disertai kuis pilihan ganda yang interaktif yang dapat memberikan respons balik yang sangat cepat.

English Listening Lounge (http://www.englishlistening.com). Situs ini memiliki materi listening mulai dari tingkat pemula sampai lanjut.
YouTube. Dalam situs ini, pembelajar dapat mencari berbagai macam jenis materi pembelajaran English dengan model audiovisual. Pembelajar cukup mengetik kata kunci ”learning English” kemudian situs akan menawarkan banyak pilihan (www.http://www/storynory.com).

British Council (http://learnenglishkids.britishcouncil.org/). Situs ini menyediakan pembelajaran yang sangat menarik disesuikan karakteristik anak, penuh dengan warna-warni. English as a Second Language by Ron C. Lee, Ph.D. (http://www.rong-chang.com/). Situs ini menyajikan pembelajaran bahasa Inggris untuk tingkat pemula dan menengah.

Materi meliputi pembelajaran grammar, writing, reading, listening (cerita), conversation, bisnis, dan masih banyak banyak lagi. Dave’s ESL Cafe (http://eslcafe.com). Menyuguhkan forum diskusi dan ruang bicara bagi guru dan siswa dengan feature yang lain. Untuk listening, pengguna dapat mengunduh file video dan MP3 dari feature podcast. Jaringan Cable News yang dilengkapi dengan kuis. Learn English A-Z (http://www.learnenglish-a-z.com/english-listening.html. Situs ini merupakan salah satu corner dalam http://www.learnenglish-a-z.com/learn-english-on-internet.html yang menyediakan beragam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satunya listening. The Bob and Rob Show (http://englishcaster.com/bobrob). Situs ini menyuguhkan pelajaran bahasa Inggris percakapan oleh dua orang guru yang mudah dimengerti, satu guru dengan aksen Amerika dan satu lainnya dengan aksen British.

Baca juga:   Meningkatkan Kemampuan Speaking dengan Film Animasi

Arlyn Freed’s ESL/EFL listening resources (www.eslhome.com/esl/listen) Situs ini merupakan links dengan berbagai situs listening termasuk evaluasi Ms Freed terhadap situs-situs tersebut. Sebenarnya masih banyak sekali situs yang menyediakan materi pembelajaran listening baik yang otentik, semi-otentik, maupun nonotentik. (pm1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Grabag, Kabupaten Magelang.

Author

Populer

Lainnya