Belajar Kerajinan Prakarya Lebih Mengasyikkan dengan Sway

Oleh : Iin Setya Rachmawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran prakarya merupakan pembelajaran kelompok B pada Kurikulum Satuan Pendidikan SMP N 1 Selopampang. Meliputi dua aspek yaitu kerajinan dan pengolahan. Pembelajaran aspek kerajinan di kelas IX semester II materi kerajinan berbasis media campuran terdiri dari materi pengetahuan dan keterampilan.

Ketika menyajikan materi pengetahuan yang berisi tentang jenis dan manfaat bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan, tahapan dan proses pembuatan kerajinan berbasis media campuran tentunya guru perlu menyajikan materi yang menarik, kreatif dan inovatif sehingga tidak membosankan peserta didik dalam memahaminya.

Kondisi siswa yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh dari rumah dipandu guru yang harus berupaya memahamkan siswa terhadap materi yang disampaikan, menuntut guru memilih dan memilah media yang tepat digunakan. Tujuannya, meminimalisasi terjadinya kesalahpahaman terhadap pembahasan materi yang disampaikan.

Menurut Briggs (dalam Anitah, 2009:4) media pada hakikatnya adalah peralatan fisik untuk membawakan atau menyempurnakan isi pembelajaran. Dapat disimpulkan, media pembelajaran adalah alat yang memungkinkan untuk menciptakan kondisi pembelajar menerima pengetahuan, keterampilan dan informasi. Media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan antara lain Google, YouTube dan Microsoft Office. Pemilihan media juga disesuaikan dengan kondisi peserta didik dalam penggunaan layanan internet dan materi yang akan disampaikan.
Daryanto (2011:4-5) menjelaskan media pembelajaran harus bermanfaat dalam proses Pembelajaran. Media pembelajaran “Sway” dipilih untuk digunakan karena Sway merupakan aplikasi baru Microsoft Office atau Oficce 365 yang menawarkan desain profesional untuk presentasi yang hendak dibuat.

Baca juga:   Pembelajaran Kontekstual Solusi Pelajari Kegiatan Ekonomi di Masa Pandemi

Pemanfaatan Sway dapat dilakukan oleh banyak kalangan termasuk guru. Dengan Sway tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pemformatan. Sangat mudah bagi peserta didik untuk mengakses Sway yang telah dibuat oleh guru kapan pun, di manapun. Dan dengan perangkat apa pun, sehingga mendapatkan pengalaman baru dalam menerima penjelasan materi dan mengerjakan tugas sekolahnya.

Link Sway dapat diakses dengan mengklik link yang telah dibagikan kepada peserta didik kelas IX pada saat jam pelajaran prakarya. Slide tampilan judul pada Sway akan terlihat menarik dengan background yang dapat diatur oleh guru disesuaikan materi yang disampaikan. Slide berikutnya diisi dengan materi pengetahuan tentang jenis dan karakteristik kerajinan berbasis campuran. Selanjutnya slide dilengkapi dengan beberapa konten yang sesuai baik berupa gambar atau video yang dapat diambil dari YouTube atau perangkat saya, yang berkaitan dan memperjelas materi yang disampaikan saat itu. Sehingga peserta didik tidak hanya membaca materi yang disampaikan tetapi dapat melihat gambar atau video yang mendukung.

Baca juga:   Metode Flipped Classroom Mudahkan Siswa Pahami Materi Pelajaran

Tampilan Sway didesain dengan pilihan ragam desain yang tersaji. Sehingga tampilan tidak monoton dan membosankan. Slide selanjutnya adalah embed dari Google Form atau Microsoft form yang telah dibuat. Sehingga peserta didik dapat mengukur pengetahuannya terhadap materi yang baru disampaikan. Slide terakhir adalah penutup.

Dengan penggunaan Sway peserta didik mendapatkan wawasan yang luas tentang materi yang disampaikan. Ketika mengakses tidak mengalami kendala yang berarti apalagi dengan beberapa tampilan gambar-gambar, video, teks yang dapat dianimasikan. Setelah memahami materi, peserta didik mengerjakan post test yang telah disajikan lewat Google Form yang telah di-embed-kan pada Sway tersebut. Sehingga pada akhir pembelajaran dapat terukur seberapa pencapaian peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan. Bagi peserta didik pembelajaran prakarya dengan menggunakan Sway mengasyikkan untuk belajar secara dinamis dan interaktif. (pm2/lis)

Guru Prakarya SMPN 1 Selopampang, Kabupaten Temanggung.

Author

Populer

Lainnya