Terapkan Pembelajaran TS-TS pada Materi Sujud Lebih Efektif

Oleh : Misni Wamroh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SALAH satunya cara beribadah kepada Allah SWT adalah dengan melakukan sujud. Yakni, suatu posisi terdekat antara hamba dengan Tuhannya. Sujud tidak hanya dilakukan ketika seseorang melaksanakan salat, tetapi dapat dilakukan karena mendapat rezeki dari Allah SWT, ketika sedang membaca Alquran dan ketika lupa gerakan salat.

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan ketika menerima kabar gembira, mendapatkan nikmat, atau terhindar dari bencana. Rasulullah SAW melaksanakan sujud syukur sebagaimana dalam hadis, “dari Abi Bakrah RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW ketika mendapatkan sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka, maka beliau bersujud sebagai rasa syukur kepadaAllah SWT (HR Abu Dawud dan Tirmizi).” Hukum sujud syukur adalah sunah. Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan sujud syukur di antaranya adalah mendapat keuntungan dari bencana besar, kemenangan, keberhasilan, dan terhindar dari bencana maupun penyakit.

Tata cara melaksanakan sujud syukur sebagai berikut, berniat untuk sujud syukur, membaca takbir, sujud dengan membaca tasbih, dan salam. Manfaat sujud syukur adalah menjadikan manusia selalu ingat kepada Allah SWT, terhindar dari sifat sombong, akan menambah nikmat Allah. Di akherat akan disediakan tempat istimewa bagi manusia yang pandai bersyukur.

Sedangkan sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika seseorang membaca ayat sajdah, baik di dalam salat maupun di luar salat. Dalam hadis dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah membaca Alquran di depan Ibnu Umar, ketika beliau membaca ayat-ayat sajdah beliau takbir lalu sujud dan Ibnu Umar pun sujud bersama beliau. Hukum melaksanakan sujud Tilawah adalah sunah.

Baca juga:   Whatsapp sebagai Sarana Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi Covid-19

Ayat-ayat yang menjadi sebab dilakukannya sujud tilawah yaitu akhir surat Al-A’raf ayat 206, Ar-Radu ayat 15, An-Nahl ayat 49, Al-Isra ayat 109, Maryam ayat 58, Al-Hajj ayat 18, Al-Hajj ayat 77, Al-Furqan ayat 60, An-Naml ayat 26, As-Sajdah ayat 15, Sad ayat 24, Fushilaat ayat 38, akhir surat An-Najm ayat 62, surat Insiqaq ayat 21, dan surat akhir Al Alaq ayat 19.

Syarat dan cara melakukan sujud Tilawah adalah suci dari hadas dan najis, menutup aurat, menghadap kiblat, dan menemukan ayat sajdah. Adapun cara melaksanakan sujud Tilawah sebagai berikut, pertama berniat, membaca takbir, sujud satu kali sambil membaca ”sajada wajhiya lilladzi kholaqahu wasyaqo sam’ahu wabasharahu bikhauulihi wakhuwwatihi.” Selanjutnya mebaca salam sesudah duduk. Jika sujud tilawah dilaksanakan pada waktu salat tidak ditutup dengan salam, tetapi melanjutkan salat sampai selesai.

PembelajaranTS-Ts (two stay-two stray) adalah model pembelajaran dengan cara siswa berbagai pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Sintaknya adalah kerja kelompok. Kembali ke kelompok asal, kerja kelompok, dan laporan kelompok.

Baca juga:   Tingkatkan Minat Menulis Cerita Inspiratif melalui Pengalaman Pribadi

Pembelajaran ini akan dilakukan pada kelas VIII SMPN 1 Pemalang. Kemudian, jumlah 32 dibagi 4 kelompok maka tiap kelompok terdiri atas 8 siswa. Dalam kelompok dipilih pemimpin atau imam. Maka terbentuklah 4 kelompok yang terdiri siswa putra dan siswa putri. Ruang belajar berada di musala untuk mempermudah dan sesuai dalam metode pembelajaran ini.

Maka mulai pada sujud syukur, tiap kelompok mempraktikkan sujud syukur bersama bacaannya. Setelah semua kelompok maju, maka kembali ke kelompoknya masing-masing dan memberi laporan tentang praktik tersebut. Kemudian sujud tilawah, kelompok satu berhadapan dengan kelompok dua, kelompok tiga berhadapan dengan kelompok empat dan seterusnya sampai kelompok delapan. Satu kelompok membaca Alquran secara bergiliran dan kelompok yang di depannya menyimak. Setelah mendapati ada ayat sajdah, maka dua kelompok tersebut akan melakukan sujud tilawah. Setelah selesai, maka kembali ke kelompoknya masing-masing dan memberikan laporan atas praktik materi tersebut. Guru akan menerima laporan dan me-review serta menjawab pertanyaan siswa-siswa. (pg3/ida)

Guru SMPN 1 Pemalang.

Author

Populer

Lainnya