Menulis Puisi dengan Metode Sugesti Imajinasi Media Lagu

Oleh : Ermi Winarsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia membelenggu dunia pendidikan yang dipaksakan harus menggunakan PJJ. Sementara guru dan peserta didik telah mengalami kejenuhan-kejenuhan dengan setumpuk tugas yang harus disampaikan secara online. Kita tahu bahwa peran seorang guru dalam kegiatan pembelajaran tidak dapat tergantikan oleh teknologi.

Dari hal itulah dibutuhkan kreatifvitas guru untuk mengolah PJJ yang menyenangkan bagi peserta didik. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia SMA kelas X semester 2 terdapat Kompetensi Dasar menulis puisi. untuk mengungkapkan perasaaan.

Kompetensi dasar menulis puisi merupakan materi yang kurang mendapat respon peserta didik karena peserta didik kesulitan untuk menuangkan ide/gagasan ke dalam baris-baris puisi, penulis puisi membutuhkan pengembangan imajinasi dan kreativitas dari peserta didik.

Berdasarkan permasalahan tersebut, guru menggunakan metode sugesti imajinasi media lagu untuk mengungkapkan ide/gagasan dalam bentuk karya sastra sastra puisi,dalam pembelajaran tersebut.
Menurut Dr. Anugra Martyanto (http:www.geogle.com), “Sugesti adalah outer power dan imajinasi adalah inner power dimana sugesti ini membias masuk ke dalam tubuh melalui panca indra kita terutama pendengaran dan sebagian dibantu dengan indra penglihatan.”

Baca juga:   Penanaman Nilai Karakter melalui Ramadan Star

Menurut KBBI, “Sugesti adalah pendapat yang dikemukakan atau pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. Sedangkan imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan gambar lukisan, karangan, dsb kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang.”

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan, sugesti imajinasi adalah kekuatan yang mempengaruhi pikiran seseorang untuk dapat berdaya imajinasi.

Metode sugesti imajinasi merupakan sebuah teknik dalam pembelajaran menulis puisi dengan media lagu. Pada prinsipnya, metode ini digunakan dengan cara memberi sugesti untuk merangsang daya imajinasi siswa. Dalam hal ini, lagu digunakan sebagai pencipta suasana, imajinasi, sugesti, stimulus, dan sekaligus menjadi jembatan bagi siswa untuk membayangkan atau menciptakan gambaran dan kejadian berdasarkan tema lagu untuk diekspresikan menjadi baris-baris dalam bait puisi.

Dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode sugesti imajinasi dapat dilakukan berbagai tahapan sebagai berikut; pertama, guru menentukan link atau web yang mudah terjangkau peserta didik, melalui link atau web inilah guru terlebih dahulu menyampaikan teori-teori tentang puisi dalam bentuk PTT.

Kedua guru mengunggah salah satu video lagu yang paling digemari peserta didik, untuk kemudian peserta didik dapat menikmati, didukung dengan suasana dari lirik lagu yang diputari. Ketiga, berdasarkan lagu yang telah diunggah guru atau peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan sendiri lagu yang paling mereka gemari.

Baca juga:   Jangan Nyerah Cuma karena Salah

Peserta didik diminta untuk menulis gambaran peristiwa berdasarkan tema lagu yang telah didengar atau ditonton menjadi sebuah ide/gagasan dalam baris-baris puisi bait. Langkah ke empat, peserta didik dapat mengirim hasil pekerjaan melalui link atau web yang telah disediakan guru. Kelima, guru memberi penilaian terhadap hasil karya peserta didik dengan berdasarkan struktur puisi serta unsur kebahasaan puisi.

Melalui metode sugesti imjinasi peserta didik dapat lebih menginspirasi ide/gagasan untuk menentukan tema-tema puisi sesuai dengan lagu-lagu yang menjadi favorit. Peserta didik mendapatkan rangsangan daya imajinasi untuk mengekspresikan ide dengan suasana yang menyenangkan, peserta didik dengan mudah merangkai kata menjadi bait puisi berdasar teks-teks yang telah dialunkan melalui lagu yang didengar. Suasana menyenangkan akan menyelimuti peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. (ipa1/lis)

Guru SMAN 1 Bergas Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya