Kepala Sekolah Motivator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Oleh : Suprapti S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERAN kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator sangat menentukan dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kepala sekolah secara terus menerus memberikan motivasi kepada guru agar selalu mengembangkan diri, khususnya yang merupakan kegiatan PKB. Motivasi secara umum didefinisikan sebagai keadaan dari dalam untuk merangsang, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku. Para psikolog yang mengkaji motivasi telah fokus pada lima aspek dasar, pilihan, inisiasi, intensitas, ketekunan, dan reaksi.

Sebagai pemimpin, kepala sekolah mempunyai peran untuk selalu memotivasi peningkatan mutu guru dan layanan pendidikan di sekolah. Sesuai dengan unsur di dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, kepala sekolah selalu mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan. Setiap ada pelatihan baik di tingkat kota maupun provinsi dan nasional, kepala sekolah selalu mengutus guru untuk mengikutinya. Dari hasil penelitian, sudah banyak guru di SDN Sidoharjo 02 yang mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan dengan tujuan meningkatkan kualitas dirinya sendiri maupun kualitas peserta didik. Pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti di antaranya adalah 1) workshop pembuatan soal semester, 2) workshop tentang penilaian, 3) pelatihan kurikulum 2013, 4) workshop KKG, 5) Seminar-Penelitian Tindakan Kelas, dan 6) Penelitian Tindakan Sekolah dan berbagai macam Bimtek.

Baca juga:   Efektifkan Pembelajaran di Masa Pandemi dengan Strategi Komunikasi

Guru selalu bersemangat apabila kepala sekolah mengirim mereka untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini karena guru menyadari bahwa tujuan mengikuti kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas guru menjadi lebih bermutu dan profesional. Dalam hal pembelajaran, kepala sekolah selalu memotivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan maksimal.

Kepala sekolah selalu mengajak guru untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah untuk memperlancar proses pembelajaran. Kepala sekolah selalu memonitoring dan melakukan supervisi setahun dua kali dalam kegiatan pembelajaran guru di dalam kelas maupun di luar kelas. Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang pertama adalah pengembangan diri. Dalam hal ini kepala sekolah selalu mendorong guru dan tidak henti-hentinya mengajak guru untuk belajar menulis, khususnya dalam penulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kreativitas guru dalam berpikir.

Di samping itu, kepala sekolah juga mengikutsertakan guru apabila ada kegiatan workshop penulisan karya ilmiah. Karena itu, kepala sekolah perlu memiliki strategi yang tepat untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada tenaga kependidikan, dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Kepala sekolah sebagai inovator harus mampu mencari, menemukan, dan melaksanakan berbagai pembaharuan di sekolah.

Baca juga:   Guru Zaman Now Sahabat Siswa Bermasalah

Sesuai dengan fokus penelitian, peran kepala sekolah yang lainnya adalah sebagai seorang aspirator bagi guru-guru di sekolah. Sebagai kepala sekolah yang salah satu perannya adalah sebagai pemberi inovasi bagi para guru di sekolah untuk mengembangkan dirinya. Maka dalam hal memberikan inspirasi kepala sekolah harus selalu melakukannya untuk kemajuan guru dan peserta didik yang dipimpinnya di sekolah. Seorang kepala sekolah harus memberikan semangat yang positif untuk peningkatan kualitas guru menjadi guru yang profesional. Karena dengan guru profesional, secara otomatis kualitas peserta didik ikut meningkat. Sehingga mutu pendidikan meningkat sesuai yang diharapkan. (pg2/ida)

Kepala SDN Sidoharjo 02 , Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Author

Populer

Lainnya