Mudahnya Belajar Partitur Gitar dengan Not Berwarna

Oleh : Sri Yuni Saraswati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik pada jenjang SLTA mulai dari kelas X, XI, dan XII. Pada pembelajaran seni budaya (musik) meliputi materi yang berkaitan dengan teori dan praktik. Namun, pada kenyataannya masih banyak sekolah yang kurang dapat memaksimalkan pembelajaran seni musik baik dari segi teori maupun praktik.
Dalam silabus Seni Musik terdapat KD yang memuat tentang siswa dapat menampilkan pertunjukan musik. Artinya, peserta didik dituntut untuk menguasi materi dari segi teori maupun praktik bernyanyi maupun bermain alat musik.

Banyak faktor yang membuat pembelajaran menjadi kurang maksimal, di antaranya adalah keterbatasan dan ketersediaan alat pembelajaran.Tidak hanya itu, ketidakberhasilan proses belajar mengajar juga disebabkan kurangnya pendidik dalam menerapkan metode yang mudah dan tepat untuk menyampaikan materi.

Peserta didik akan merasa bosan jika hanya diberikan teori. Sebaiknya pembelajaran diimbangi dengan praktik bermain alat musik agar motorik terhadap kepekaan nada dan irama dapat ditingkatkan.
Salah satu materi pembelajaran yang diberikan adalah memainkan alat musik gitar dengan membaca notasi balok. Pendidik harus menguasai materi serta memiliki inovasi pembelajaran agar peserta didik tertarik untuk belajar. Jika proses belajar mengajar menggunakan cara yang tepat, otomatis peserta didik akan senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran.

Baca juga:   Aktifkan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan SFAE

Menurut pengamatan penulis, sebenarnya banyak peserta didik yang memiliki keinginan untuk belajar bermain gitar. Namun, mereka merasa kesulitan dalam belajar bermain gitar. Pada umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan membaca partitur gitar (notasi balok) jika ditulis pada white board maupun menggunakan tayangan LCD. Hal ini terjadi karena mereka harus membagi koordinasi antara memahami partitur dan bermain gitar.

Berdasarkan pengalaman penulis, sebenarnya belajar gitar dengan membaca notasi balok tidaklah sulit. Hal ini dapat diatasi menggunakan cara atau metode yang tepat dan mudah dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, inovasi penting dilakukan dalam pengembangan pembelajaran Seni Musik seperti yang dilakukan di SMA Negeri 1 Banyumas. Pendidik menyampaikan materi pembelajaran bermain alat musik gitar dengan menggunakan metode senar warna.

Partitur yang biasanya hanya berwujud garis-garis paranada serta bentuk-bentuk notasi balok akan terlihat membosankan dan membingungkan peserta didik. Agar peserta didik tertarik belajar bermain gitar dengan membaca partitur sederhana, maka harus menggunakan cara yang menarik pula. Yaitu dengan menggunakan perbedaan warna not untuk masing-masing senar gitar.

Aplikasi dari metode senar warna untuk pemain gitar pemula sebaiknya menggunakan senar nomor 1,2, dan 3 terlebih dulu. Pada praktiknya gunakanlah lambang dengan warna hijau untuk senar nomor 1, merah untuk senar nomor 2, dan biru untuk senar nomor 3. Setelah itu, gunakanlah lambang angka (1,2,3) untuk menandakan fret pada gitar. Adapun penerapannya adalah sebagai berikut: Notasi warna hijau dengan angka 0 artinya yang dimainkan senar 1 lepas/tidak ditekan.

Baca juga:   Belajar Pronoun Asyik dengan Lagu Traditional

Notasi warna hijau dengan angka 1 artinya yang dimainkan senar 1 tekan pada kolom 1. Notasi warna hijau dengan angka 3 artinya yang dimainkan senar 1 tekan pada kolom 3. Notasi warna merah dengan angka 1 artinya yang dimainkan senar 2 tekan pada kolom 1. Notasi warna merah dengan angka 3 artinya yang dimainkan senar 2 tekan pada kolom 3. Notasi warna biru dengan angka 0 artinya yang dimainkan senar 3 lepas/tidak ditekan. Notasi warna biru dengan angka 2 artinya yang dimainkan senar 3 tekan pada kolom 2. Dengan menggunakan cara tersebut, peserta didik akan lebih mudah menghafal posisi senar gitar yang akan dipetik serta tempat di mana letak fret yang harus ditekan. Jika metode yang digunakan mudah dipahami oleh peserta didik, maka mereka akan lebih tertarik dan senang dalam belajar memainkan gitar dengan membaca notasi balok. Secara otomatis, ketika peserta didik tertarik untuk belajar maka prestasi belajar juga akan meningkat. (lbs2/lis)

Guru SMA Negeri 1 Banyumas.

Author

Populer

Lainnya