Pemanfaatan Google Formulir dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Fajar Kurniati, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Adanya Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia mengganggu aktivitas manusia pada berbagai sektor kehidupan. Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Sebagian besar orang yang tertular Covid-19 mengalami gejala ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia(golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi. Termasuk juga ibu hamil dan menyusui (aladokter.com, 2021).

Dalam upaya pencegahan terhadap perkembangan virus Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah. Namun, kebijakan tersebut dapat menghambat pertumbuhan dalam berbagai sisi kehidupan termasuk bidang pendidikan.

Berdasarkan instruksi Kemendikbud, kepala daerah pun mengeluarkan Surat Edaran tentang pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Dalam edaran tersebut peserta didik PAUD, SD, SMP, kesetaraan, lembaga kursus, bimbingan belajar untuk melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Terkait dengan hal itu, sebagai seorang guru sudah seharusnya memikirkan bagaimana cara agar peserta didik tetap bisa mendapatkan hak untuk menerima pelajaran.

Baca juga:   Metode PBM Tumbuhkan Semangat Belajar Bilangan Bulat Positif Negatif

Untuk melaksanakan kegiatan belajar dari rumah, guru dituntut untuk mencari media yang tepat dan efektif sehingga hak peserta didik tersampaikan. Banyak cara yang dapat dilakukan misalnya dengan memanfaatkan teknologi. Seiring perkembangan jaman yang serba canggih sekarang ini penggunaan android sudah sangat pesat maka sebagai seorang guru kita dapat memanfaatkan hal tersebut untuk media pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan media google formulir.

Google formulir adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat survei, tanya jawab dengan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Guru bisa membuat soal dalam google formulir dan akan dikirim langsung kepada peserta didik di rumah tanpa mencetak atau pun menggandakannya. Di dalam google formulir guru juga bisa menyematkan gambar dan video pembelajaran yang dapat dilihat sehingga peserta didik bisa menyimak penjelasan tentang materi yang disampaikan.

Setelah mengerjakan soal, nilai yang diperoleh bisa langsung muncul dan peserta didik yang telah mengerjakan dapat mengetahui hasilnya. Keuntungan dalam memakai google formulir ini adalah guru tidak perlu susah payah untuk mengoreksi pekerjaan peserta didik karena di aplikasi ini ada pengaturannya. Sehingga nilai yang diperoleh akan keluar dan rekap hasilnya juga bisa diunduh.

Baca juga:   Tingkatkan Pembelajaran Senam Irama dengan Metode PBL

Pemakaian google formulir ini telah dilakukan di kelas V SD Negeri Ploso 1 Karangtengah Demak. Hasilnya, peserta didik sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang telah diberikan oleh guru. Hal semacam ini membuat peserta didik merasa bahagia, hingga berdampak pada prestasi hasil belajar yang lebih baik. (agu1/ton)

Guru Kelas V SD Negeri Ploso 1, Kec. Karangtengah, Kab. Demak

Author

Populer

Lainnya