Hilda Octavia Melati Sukma, Asah Public Speaking

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Berawal dari keaktifan selama mengikuti mata kuliah dasar-dasar penyiaran di Ilmu Komunikasi Udinus, Hilda Octavia Melati Sukma mendapatkan tawaran dari dosen sekaligus produser TVKU untuk bergabung di program baru bertajuk Suwarga atau Suara Warga. Di acara tersebut, gadis yang akrab disapa Hilda ini menjadi reporter. Ia masuk tim program Suwarga sejak semester 4.

Dikatakan, program Suwarga mengangkat topik-topik yang sedang viral di masyarakat. Tugas pertama Hilda saat itu meriset data informasi yang sedang viral. Ia beserta tim lain bekerja sama untuk bertugas ke lapangan, menanyakan, dan menampung berbagai tanggapan dari masyarakat.

Menurut Hilda, untuk berani berbicara di depan public, yang terpenting harus mempunyai kemauan untuk berani menantang diri sendiri. Karena dalam public speaking tak akan mungkin terbiasa jika tidak dilatih.

“Berbicara di depan publik harus dilatih, dulu aku sering banget harus direvisi berulang kali.” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dari pengalamannya dalam public speaking ini, Hilda kerap diminta untuk menjadi MC acara webinar dari Prodi Ilmu Komunikasi dan beberapa UKM. Selama menjadi MC, tidak semata-mata asal bicara. Namun harus didukung data dan materi. Bahkan, Hilda kerap melakukan riset terlebih dahulu agar ada bahan pembicaraan. “Jadi, orang akan interest dengan diri kita selama tidak penuh keraguan dalam berbicara,” kata dara yang hobi bermain saxophone ini. (mg5/aro)

Baca juga:   Mudahnya Materi Equilibrium dengan Drill and Drill

Author

Populer

Lainnya