Pembelajaran IPA Berbasis Aktivitas

Oleh: Ninuk Indriyawati, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Lebih dari 91% populasi peserta didik di dunia telah dipengaruhi oleh penutupan sekolah karena pandemi Covid-19 (UNESCO). Pandemi Covid-19 telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai kedaruratan kesehatan dan bencana nasional non-alam. Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan, maka dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam bentuk Belajar Dari Rumah (BDR).

Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan. Pembelajaran Jarak Jauh juga akan memeberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antar peserta didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah. Di sini guru berperan sangat penting untuk membantu peserta didik menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi dan tetap melibatkan peserta didik untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.

Baca juga:   Microsoft Teams, Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Guna memastikan hak belajar setiap anak terpenuhi, meskipun dalam kondisi pandemi, Kemendikbud telah menghadirkan beberapa inisiatif untuk mendukung pelaksanaan belajar dari rumah. Pembelajaran berbasis aktivitas adalah salah satu alternatif pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran berbasis aktivitas merupakan proses pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan peserta didik dalam pemahaman konsep maupun teori melalui berbagai aktivitas pengalaman pada berbagai lingkungan belajar. Melalui pembelajaran berbasis aktivitas tersebut untuk Kompetensi Dasar Bioteknologi, peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Bodeh diharapkan mampu menerapkan konsep bioteknologi dengan tepat dalam kehidupan dan peran bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia, sehingga menjadikan peserta didik yang teliti dan mandiri.

Penerapan konsep bioteknologi dalam kehidupan manusia antara lain dengan melakukan aktivitas membuat produk bioteknologi. Salah satu aktivitas produk bioteknologi tersebut adalah membuat Tape Ketan. Penerapan peran bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia antara lain dengan mengumpulkan informasi tentang peran bioteknologi dari aktivitas membuat tape ketan tersebut.

Pada pembelajaran Bioteknologi ini peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Bodeh melakukan aktivitas praktik membuat tape ketan. Mereka melakukan aktivitas mencari informasi tentang bahan-bahan yang dibutuhkan dan prosedur pembuatan tape ketan. Sumber informasinya antara lain dari buku referensi, internet juga dari narasumber langsung orang yang sering membuat tape ketan ataupun dari orang tua dan kerabat mereka. Selanjutnya mereka mempraktekkan resep yang sudah diperolehnya dengan kerja kelompok. Hasilnya difoto untuk dijadikan lampiran pembuatan laporan praktikum. Satu kelompok mendeskripsikan proses pembuatan tape ketan berdasarkan bahan dasarnya dan produknya untuk dijadikan sebagai laporan praktikum. Luar biasa senang dan bangganya respon dari anak-anak setelah melakukan aktivitas tersebut. Terbukti dari kiriman laporan praktikum yang mereka buat yang juga dilengkapi foto mereka dengan membawa produk yang dihasilkannya. Bahkan ada beberapa peserta didik yang kelompoknya mengirimkan laporan praktikum yang dilengkapi dengan rekaman video aktivitas proses pembuatannya. Sukses selalu buat kalian peserta didik SMP Negeri 4 Bodeh, semoga ke depannya akan menjadi lebih maju lagi. Jayalah Pelajar Indonesia, Guru bermutu Indonesia Maju. (pg2/ton)

Baca juga:   Pembelajaran Akor Lewat Espega Smart Tingkatkan Prestasi Peserta Didik

Guru IPA SMP Negeri 4 Bodeh Kabupaten Pemalang.

Author

Populer

Lainnya