Menulis Surat Al-Kausar Jadi Mudah dengan Metode Think Talk Write

Oleh : Tolhatun, S.Pd.I.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bagi orang dewasa menulis surat al-Kausar amatlah mudah, karena hanya beberapa ayat pendek. Namun bagi siswa kelas III SD, menulis surat Al-Kausar yang benar baik huruf maupun harakatnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena itulah untuk memudahkan pembelajaran menulis surat Al-Kausar digunakan metode think-talk-write. Metode ini memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar. Diharapkan dengan metode ini siswa dapat berlatih menulissurat al-Kausar dengan benar.

Menurut Nana Sudjana (2011:76), metode berasal dari kata “method” yang berarti cara. Dalam pemakaian umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.

Think, talk, write adalah strategi yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar. Strategi think, talk, write di dasarkan pada pemahaman bahwa belajar adalah sebuah perilaku sosial. Strategi think, talk, write mendorong siswa untuk berpikir, berbicara dan kemudian menuliskan yang berkenaan dengan suatu topik. strategi ini di gunakan untuk mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya, (http://www.elakurikulum-03/writing/thinking/talk/write/ html, diakses 6 Februari 2021.

Secara umum langkah-langkah metode pembelajaran think talk write menurut Jumanta Hamdaya (2011:216), yaitu: 1) Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta petunjuk pelaksanaannya. 2) Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3-5 siswa). 3) Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman satu grup untuk membahas isi catatan (think) dan hasil catatan tersebut dikomunikasikan (talk). 4) Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban atas soal dalam bentuk tulisan (write). 5) Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang dipelajari. Sebelum itu, dipilih beberapa siswa atau perwakilan kelompok untuk menyajikan jawabannya.

Baca juga:   Tingkatkan BDR Tematik Melalui Model Cooperative Scrip

Adapun langkah-langkah pembelajaran surat al-Kausar dengan metode think talk write di kelas III SDN 01 Kejene sebagai berikut: 1) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dan menjelaskan alur pembelajaran dengan metode think talk write. 2) Guru membagikan lembar soal, dan siswa menyiapkan buku tugas. 3) Guru membagi siswa dalam kelompok kecil. 4) Siswa membahas isi catatan (think) dan hasil catatan tersebut dikomunikasikan (talk). 5) Siswa memberikan jawaban atas soal dalam bentuk tulisan (write). 5) Guru menyampaikan kesimpulan atas materi yang dipelajari.

Menurut Suyatno (2009: 25) kelebihan metode think, talk, write diantaranya sebagai berikut: 1) Metode think, talk, write dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan atau mendiskusikan pemikirannya dengan temannya sehingga siswa saling membantu dan saling bertukar pikiran. Hal ini akan membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan. 2) Model pembelajaran think, talk, write dapat melatih siswa untuk menuliskan hasil diskusinya ke bentuk tulisan secara sistematis sehingga siswa akan lebih memahami materi dan membantu siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk tulisan. Sedangkan kekurangannya sebagai berikut: 1) Model think, talk, write adalah model pembelajaran baru di sekolah sehingga siswa belum terbiasa belajar dengan langkah-langkah pada model think, talk, write oleh karena itu cenderung kaku dan pasif. 2) Kesulitan dalam mengembangkan lingkungan sosial siswa.

Baca juga:   Pemberian Soal HOTS Tingkatkan Kemampuan Berpikir Siswa

Metode think, talk, write dapat membantu memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis surat Al-Kausar, siswa dapat berinteraksi dalam kelompoknya untuk membahas isi catatan (think) dan hasil catatan tersebut dikomunikasikan (talk), dan menjawab pertanyaan dalam bentuk tulisan (write). (pg2/ton)

Guru PAI SDN 01 Kejene- Randudongkal, Pemalang.

Author

Populer

Lainnya