Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Fasilitas Google Formulir

Oleh : Tatik Mintarsih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi yang sudah berlangsung selama satu tahun telah mempengaruhi seluruh tatanan kehidupan manusia. Salah satunya yang terdampak adalah pendidikan. Pemerintah memberlakukan anak belajar di rumah (BDR). Selama pelaksanaan kegiatan BDR muncul permasalahan serta hambatan-hambatan yang dihadapi anak-anak maupun guru.

Karenanya BDR membutuhkan banyak faktor pendukung. Pelibatan orang tuapun sangat diperlukan karena orangtua menyadari pentingnya pendidikan dasar di sekolah.

Peranan media dalam proses pembelajaran tidak dapat terpisahkan dalam keseluruhan proses pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD). Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan kebermaknaan belajar di mana para siswa akan lebih tertarik, termotivasi, untuk belajar juga menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang dipelajari.

Guru dituntut untuk mampu mengoperasikan IT. Salah satu media pembelajaran modern yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah media pembelajaran modern dengan menggunakan aplikasi Google Form (Google Formulir).

Melansir dari Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Juni 2016, Google Form merupakan salah satu komponen layanan dari Google Docs yang memungkinkan Anda untuk membuat survei, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai kebutuhan.

Fitur di Google Form atau disebut Google Formulir dapat dibagi ke orang-orang secara terbuka atau khusus kepada pemilik akun Google. Untuk dapat menggunakan Google Form kita disyaratkan untuk memiliki akun universal Google, yaitu dengan mendaftar di http://account.Google.com/login.

Baca juga:   Konversikan Satuan Panjang dan Berat Berbantukan Bagan Tangga

Dengan memiliki akun tersebut maka kita akan bisa menggunakan berbagai produk Google yang dirilis secara gratis. Seperti Gmail sebagai alat komunikasi dengan email, drive sebagai alat penyimpanan online, youtube sebagai alat berbagi dan menyimpan video, site sebagai alat untuk membuat website sederhana.

Adapun beberapa fungsi Google Form untuk dunia pendidikan adalah sebagai berikut : memberikan tugas latihan/ulangan online melalui laman website, mengumpulkan pendapat orang lain melalui laman website, mengumpulkan berbagai data siswa/guru melalui halaman website, membuat formulir pendaftaran online untuk sekolah. Membagikan kuesioner kepada orang-orang secara online.

Adapun beberapa keunggulan pembuatan penilaian pembelajaran menggunakan Google Form adalah tampilan form yang menarik, aplikasi ini menyediakan fasilitas penggunanya untuk memasukkan dan menggunakan foto atau logonya sendiri. Memiliki berbagai jenis tes yang bebas dipilih misalnya pilihan jawaban pilihan ganda, ceklis, skala linier, dan lain sebagainya.

Responden dapat memberikan tanggapan dengan segera di mana pun. Penggunaan Google Form sebagai alat penilaian proses pembelajaran juga mendukung program penghematan kertas sebagai wujud peduli lingkungan. Selain itu tenaga dan waktu guru untuk membagi soal dan mengoreksinya lebih mudah. Hasil penelitian Rizal Fauzi mengungkapkan penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia dimulai dari tahap perencanaan, kesiapan sarana dan prasarana. Pengembangan Google Form sampai pada tahap implementasi penggunaan Google Form dalam kegiatan evaluasi pembelajaran memberikan dampak dan manfaat baik dari aspek efektif, efisiensi, daya tarik dan desain tampilan.

Baca juga:   Strategi Reciprocal Teaching Latih Siswa Belajar Menjadi Guru

Bagi guru, sangat terbantu dengan Google Form baik dari segi biaya, waktu, dan tenaga. Bagi siswa SDN Gayamsari 01 menjadi lebih tertarik, antusias, karena anak dapat melihat langsung nilai yang diperoleh setelah selesai mengerjakan. Sehingga akan muncul rasa puas karena sudah menemukan hasil dari usaha belajarnya, aktif dan tidak menjadi hal yang negatif.

Dengan pemanfaatan Google Form dalam evaluasi pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa Kelas VI SDN Gayamsari 01 Semarang. Hal ini terlihat dari antusias siswa dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal latihan yang diberikan guru melalui Google Form.Tidak perlu diragukan lagi, Google Form salah satu cara terbaik menjawab masalah proses pembelajaran saat pandemi Covid-19. (ipa1/lis)

Guru SDN Gayamsari 01, Semarang

Author

Populer

Lainnya