Metode Menulis Terbimbing Tingkatkan Skill Menulis Iklan Baris

Oleh : Dwi Anggoro S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, UNTUK meningkatkan skill menulis siswa kelas VIII SMP harus melibatkan berbagai keterampilan untuk bisa mendorongnya mengungkapkan ide, pikiran, dan pengetahuan. Salah satunya dengan menggunakan sarana media elektronik maupun media cetak.

Romli (2007) menyatakan bahwa hakikatnya menulis adalah komunikasi tulisan. Pesan yang disampaikan bisa berupa informasi, gagasan, pemikiran, dan ajakan.

Sedangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa yaitu menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan secara lisan dan tulis. Keterampilan tersebut diharapkan dapat melatih siswa menyajikan iklan dengan menggunakan bahasa yang hemat sehingga dapat dipublikasikan melalui media cetak.

Keterampilan menyajikan iklan yang dipelajari adalah keterampilan menulis iklan baris di media cetak. Iklan baris menggunakan bahasa singkat dan padat. Isi iklan baris berupa penawaran maupun permintaan barang atau jasa.

Definisi tentang iklan baris disampaikan Widyatama (2005), yakni iklan ini disebut dengan istilah iklan baris karena pesan yang dibuat hanya terdiri atas beberapa baris kata atau kalimat saja dan biaya yang dikenakan dihitung per baris. Biasanya iklan baris tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom.

Baca juga:   Praktik Pembuatan Eco Enzyme sebagai Alternatif Pembelajaran Pengelolaan Sampah Organik Rumah Tangga

Penggunaan singkatan sangat penting untuk digunakan ketika menulis iklan baris. Hal tersebut untuk menghemat biaya iklan. Jumlah baris dalam iklan baris maksimal enam baris dan minimal tiga baris. Selain itu, iklan baris harus mengandung informasi lengkap.

Bahasa dalam iklan baris umumnya singkat, penuh makna, dan sangat sederhana. Tidak jarang iklan baris menggunakan singkatan yang sangat khas sesuai produk yang diiklankan. Misalnya ada istilah bu (butuh uang); cpt (cepat); tp (tanpa perantara); an (atas nama); bimbel (bimbingan belajar); spt br (seperti baru); dan sebagainya.

Untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan secara lisan dan tulis digunakan metode menulis terbimbing latihan struktur secara lisan dan intensif. Metode ini menggunakan konsep latihan secara terstruktur dan bertahap. Dengan pelatihan terbimbing siswa dapat terus berlatih secara kontinyu dan terarah agar menguasai keterampilan menulis iklan baris dengan baik. Latihan terbimbing juga dapat mengetahui perkembangan kemampuan siswa secara bertahap.

Pembelajaran menulis iklan baris dengan metode menulis terbimbing. Dalam penelitian ini, dilakukan melalui beberapa langkah. Pertama, guru memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa mengenai konsep pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru memberikan penjelasan mengenai konsep materi yang diajarkan. Hal itu meliputi struktur iklan baris dan petunjuk atau panduan penulisan iklan baris. Kedua, guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya, siswa diberi contoh iklan baris beserta konteksnya. Siswa bersama anggota kelompoknya diminta menganalisis struktur iklan baris, terkait dengan jenis iklan, isi, dan bahasa dalam iklan baris. Hasil analisis dibahas bersama kemudian dirumuskan bersama dengan guru. Ketiga, siswa berlatih menulis iklan baris berdasarkan konteks yang diberikan oleh guru. Penulisan iklan baris dilakukan secara berkelompok. Ketepatan dan kecermatan siswa dalam menulis iklan baris dengan singkatan-singkatan yang tepat dan sesuai dengan konteks sebenarnya merupakan hal yang sangat penting dalam tahap ini. Keempat, hasil penulisan iklan baris ditukarkan dengan kelompok lain untuk dikoreksi.

Baca juga:   Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Struktur Jaringan Tumbuhan

Berdasarkan tes keterampilan menulis iklan baris dengan metode menulis terbimbing latihan struktur secara lisan dan intensif terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 33, dari sebelumnya 61,45 menjadi 94,45. Artinya metode tersebut berjalan dengan efektif. (lbs1/ida)

Guru SMP Negeri 1 Pegandon, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya