Belajar Teknik Dasar Bola Basket dengan Quiziz

Oleh : Abdul Azis,S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERMAINAN bola basket merupakan permainan yang gerakannya sangat kompleks, yaitu gabungan dari jalan,lari,lompat,serta unsure kekuatan,kecepatan,ketepatan,kelentukan , dan lain-lain. Untuk melakukan gerakan – gerakan bola basket secara baik diperlukaan kemampuan dasar fisik yang memadai. Kondisi fisik yang baik akan memudahkan melakukan gerakan-gerakan yang lebih sulit (kompleks).Gerak spesifik (teknik dasar) permainan bola basket antara lain: Gerak spesifik (teknik dasar) melempar dan menang kap bola, Gerak spesifik menggiring bola, Gerak spesifik menembak, Gerak spesifik gerakan berporos, Gerak spesifik Lay Up Shoot, Gerak spessifik merayah/rebound. Semua gerakan spesifik yang ada dalam bola basket mutlak harus dikuasai oleh setiap peserta didik untuk bisa bermain bola basket dengan baik dan benar.

Akan tetapi dengan adanya pandemi covid 19 dengan terpaksa peserta didik harus melakukan belajar on line/ daring atau non tatap muka dan harus melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).Dengan adanya pemberlakuan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak memungkinkan peserta didik untuk melakukan praktek langsung dilapangan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan penguasaaan materi praktek pada peserta didik. Hal ini pula yang menyulitkan bagi pendidik untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan pembelajaran yang berkarakter.disamping peserta didik juga merasa kesulitan dan merasa jenuh dengan pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:   Capres Solusi Menarik Pembelajaran Jarak Jauh IPA

Oleh karena itu belajar dimasa pandemi Covid-19 memang memerlukan kreatifitas dan kejelian seorang pendidik apalagi belajar yang dilakukan dengan menggunakan PJJ di mana seorang pendidik tidak bisa maksimal memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Tidak sedikit permasalahan yang terjadi saat PJJ berlangsung apalagi pembelajaran penjasorkes yang seharusnya memang sebagain besar praktek. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagaian besar peserta didik memang menyukai pembelajaran penjasorkes terutama saat praktek. Dikala pembelajaran jarak jauh sudah pasti tidak sedikit peserta didik yang merasa bosen dengan pembelajaran teori yang harus diterima setiap hari.

Saya sebagai guru penjasorkes SMP Negeri 3 Gringsing bisa merasakan ketidaknyamanan dan kegelisahan peserta didik dalam belajar jarak jauh. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik merasa senang dan nyaman melakukanya berupa belajar teknik dasar bola basket melalui Quiziz.

Quiziz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan quiz interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Quiziz ini dapat memberikan kelebihan –kelebihan tersendiri baik bagi peserta didik maupun pendidik itu sendiri. Memang quiziz ini biasanya digunakan untuk penilain baik itu penilaian harian, penilaian tengah semester bahkan penilain semester. Akan tetapi bisa juga digunakan sebagai pembelajaran yang mengasyikan karena peserta didik dapat mengetahui materi pembelajarannya dengan memilih pilihan yang ada sampai betul.

Baca juga:   Group Investigation, Upaya Tingkatkan Prestasi Belajar IPS

Dengan quiziz ini, peserta didik merasa ditantang,karena skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Selain itu aka ada persaingan,karena quiziz bersifat live antar peserta quiziz.Menyenangkan karena ada suara dan suasana musik untuk menyemangati dan gambar yang lucu. Itulah yang membuat saya membuat dan menerapkan system pembelajaran jarak jauh penjasorkes dengan menggunakan quiziz.Ternyata tanggapan dan penerimaan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes semakin banyak pesertanya dan peminatnya dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan.Disamping itu ternyata peserta didik semakin senang dan menikmati pembelajaran dengan suka cita dan gembira.

Semakin hari makin banyak peserta didik yang meminta diberikan materi quiziz pada materi pembelajaran yang lainya. Ternyata minat untuk belajar melalui quiziz ini sangat tinggi ada beberapa peserta didik merasa dengan bermain quiziz seakan bermain game.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan belajar menggunakan quiziz dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh hal ini terbukti dari banyaknya peserta didik yang menginginkan ada quiziz pada materi pembelajaran yang lain. (agu1/zal)

Guru SMPN 3 Gringsing, Batang

Author

Populer

Lainnya