Belajar Listening dengan lagu

Oleh: Titi Romayanti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KETRAMPILAN menyimak (listening skill) menurut Tarigan adalah suatu proses kegiatan mendengaerkan lambang – lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melaui ujaran atau bahasa lisan. Menyimak merupakan salah satu jenis ketrampilan berbahasa ragam lisan yang bersifat reseptif. Dengan demikian menyimak tidak sekedar kegiatan mendengarkan tetapi juga memahaminya.

Bagi sebagian siswa SMP belajar listening menjadi momok karena mereka harus mendengarkan dan berusaha memahami bahasa yang berbeda dari bahasa keseharian mereka. Begitu juga dengan sebagian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pemalang mengalami kesulitan dalam belajar listening. Pada akhirnya setelah melakukan beberapa kali observasi penulis berusaha mengidentifikasi permasalahan yang dialami siswa saat kesulitan belajar listening dengan indikator nilai jelek saat ulangan, kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran serta kurang mampu mengerjakan tugas secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut penulis merubah strategi pembelajaran dengan cara mengajarkan listening dengan media lagu.

Makna Lagu menurut Kamus Besar Bahasa Indoneisa (KBBI) adalah ragam suara yang berirama (dalam bercakap, bernyanyi, membaca, dan sebagainya). Usia remaja sangat menyukai lagu. Mereka senang mendengarkan lagu dengan berbagai jenis genre musik. Siswa yang gemar mendengarkan dan menyanyikan lagu berbahasa Inggris rata – rata memiliki kemampuan yang baik. Langkah – langkah mengajarkan bahasa inggris menggunakan media lagu bisa dilaksanakn sebagai berikut; pertama, siswa diperdengarkan dengan lagu yang sangat familiar atau mudah dihafal dalam bahasa inggris serta memiliki makna yang mendidik serta hal yang positif. Kedua, biarkan siswa mulai mendengarkan dan ajak mereka untuk bernyanyi. Sehingga lama-kelamaan mereka akan menikmati dan merasa senang. Ketiga, berikan lembar lirik lagu tersebut kepada siswa. Untuk membuat siswa menjadi lebih mudah bekerjasama karena beberapa lirik lagu tersebut sudah dihilangkan, maka berikanlah 1 lembar lirik untuk dua orang siswa. Selanjutnya, ajaklah siswa untuk menebak dan mengisi lirik yang hilang dari lagu tersebut. Terakhir, diskusikan hasil jawaban siswa tersebut. Jangan lupa untuk memberikan feedback dan melakukan refleksi dari kegiatan menyimak lagu. Sebagai penutup kegiatan bisa dilakukan ajak siswa untuk bernyanyi bersama-sama lagi dengan semangat dan ceria.

Baca juga:   Metode Inside-Outside-Circle Mudahkan Operasi Hitung Bilangan

Berkenaan dengan kegiatan mendengarkan lagu sebagai media belajar bahasa Inggris ini memiliki banyak manfaat, diantaranya; Pertama, mendengarkan lagu membuat otak rileks. Perasaan menjadi senang. Dengan perasaan senang maka akan mudah menerima pelajaran. Kedua, Dengan mendengarkan sebuah lagu, siswa bisa mendengarkan langsung cara mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Ini tentu berbeda dengan hanya melihat di kamus. Ketiga, lagu membuat siswa menjadi aktif. Maksud dari aktif disini adalah manakala seorang siswa mendengarkan sebuah lagu Bahasa Inggris ketika ia mulai menyenanginya maka ia akan ikut bersenandung. Senandung itulah yang menunjukkan orang itu aktif memproduksi ujaran. Keempat, Mendengarkan lagu membuat pembelajaraan tidak bosan. kebosanan ditimbulkan dari pembelajaran yang tidak menyenangkan. Mendengarkan lagu yang enak adalah kegiatan yang menyenangkan. Tentu bisa menghilangkan kebosanan. Jika manfaat-manfaat tersebut sudah didapat maka kemampuan Bahasa Inggris seseorang otomatis menjadi meningkat. (*/zal)

Guru SMPN 1 Pemalang

Author

Populer

Lainnya