Asyiknya Media Video Tingkatkan Hasil Belajar di Rumah

Oleh : Sundari, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang baik adalah yang mampu membawa perubahan dalam diri siswa. Yang semula tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak suka bisa menjadi suka, yang tidak bisa menjadi bisa. Guru sangat menginginkan hasil yang baik dari pembelajaran yang diajarkannya kepada semua siswa dalam kelas yang diampunya.

Kebijakan pendidikan yang membuat sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar di rumah membuat siswa kurang semangat dalam belajar. Guru juga mengalami kendala yang sama dalam pembelajaran. Sekolah menerapkan belajar online, tetapi hanya 50 persen yang berhasil. Orang tua dengan adanya belajar secara online sudah berusaha memfasilitasi anaknya dengan HP android, harapan orang tua supaya anaknya tidak ketinggalan dalam pembelajaran.

Namun kebanyakan anak memanfaatkan hpnya untuk bermain game, nonton Youtube, bermain tiktok. Ini tidak sesuai dengan harapan dari orang tua. Anak-anak setelah bermain HP lupa dengan tugasnya, ada yang hanya dilihat saja, tanpa pernah mengirimkan hasil tugasnya. Hal ini membuat guru berpikir untuk mencari solusi yang tepat dalam pembembelajaran di masa pandemi Covid-19.
Pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV SDN 03 Legokkalong KD. 3.1 “Memahami cerita rakyat (sage)”, guru menggunakan media video dalam pembelajaran yang dishare melalui Youtube. Sehingga siswa bisa melihat kapanpun, di manapun mereka bisa belajar. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa. Yang awalnya melihat Youtube untuk bermain, diganti melihat Youtube untuk belajar.

Baca juga:   Media Sticky Notes Meningkatkan Kemampuan Menulis Aksara Jawa

Media video adalah hal yang sangat tepat diterapkan, karena video bisa ditonton secara langsung, dan merupakan gambar tiga dimensi. Gambar dan suara secara simultan dengan tingkat kejelasan yang tinggi. Langkah yang dilakukan oleh guru dalam media video dalam belajar di rumah adalah sebagai berikut: guru mengecek kehadiran siswa lewat geogle meet, menyampaikan tujuan pembelajaran lewat WA. Selanjutnya guru mengirimkan video pembelajaran yang sudah dibuatnya lewat akun Youtube. Siswa menontoh video pembelajaran. Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab bila ada hal-hal yang belum jelas.

Guru menegaskan jawaban yang benar dan memotivasi siswa supaya lebih semangat dalam pembelajaran. Dengan bimbingan guru siswa merangkum dan membuat kesimpulan materi. Guru memberikan soal untuk mengukur tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Guru mengoreksi jawaban siswa dan menganalisis jawaban yang benar. Guru mengakhiri pembelajaran dengan menyampaikan nilai hasil belajar siswa. Nilai siswa tersebut dituliskan pada selembar kertas (jurnal nilai) dan ditempelkan di dalam kelas, untuk memotivasi setiap siswa berlomba mendapatkan nilai yang terbaik.

Baca juga:   Memahami Kisah Nabi Yunus. a.s. Lebih Mudah dengan Bermain Peran

Dengan video pembelajaran membuat siswa semangat belajar di rumah, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran bahasa Jawa KD. 3.1 “Memahami cerita rakyat (sage)”, di kelas IV semester 2 SDN 03 Legokkalong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. (ti2/lis)

Guru Kelas 4 SDN 03 Legokkalong, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya