Solutions to Evercome Student Boredom pada Pembelajaran Daring

Oleh : Kamsidah S.Pd. SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan bagian dari manusia karena hal tersebut berlangsung seumur hidup. Manusia belajar tidak hanya dengan dirinya sendiri tetapi dengan orang lain. Mulai diberlakukannya peraturan pemerintah tentang belajar dari rumah sejak Maret 2020 telah membawa perubahan terutama para siswa. Mau tidak mau harus menerapkan pembelajaran daring menggunakan smartphone, laptop, jaringan internet maupun kuota.

Perangkat pendukung itu bagi sekolah perkotaan mungkin tidak begitu masalah. Namun bagi sekolah di pedesaan tentu menjadi masalah. Bagi daerah pedesaan banyak guru yang merasa kesulitan dalam memantau perkembangan belajar siswa secara daring. Mengingat kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran daring serta motivasi belajar siswa yang rendah.

Pada pembelajaran online siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan, menerima dan daya pikir kurang termotivasi sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan dan merasa malas, sehingga hasil belajarnya kurang. Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar lebih bersemangat belajar dan memiliki prestasi dalam belajar (R. Pawicara, 2020). Sedangkan Agustin (2011) mengatakan belajar merupakan kegiatan fisik atau badaniah yang merupakan suatu bentuk perubahan atau pertumbuhan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara tingkah laku yang baru berkat pengalaman serta latihan akibat adanya interaksi antara individu dan individu dengan lingkungannya.

Baca juga:   Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Rendah

Mubarak (2018) mengatakan belajar merupakan bagian dari iman karena hal tersebut berlangsung seumur hidup. Manusia belajar tidak hanya dengan dirinya sendiri tapi dengan orang lain. Seperti di SDN Soronalan 02 siswa kelas VI Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang selama BDR mengalami kemunduran belajar. Mereka bosan melaksanakan pembelajaran di rumah. Ada beberapa hal yang menyebabkan bosan atau kejenuhan belajar, di antaranya kurangnya konsentrasi dalam belajar, fasilitas sekolah kurang memadai dan tidak suka dengan metode guru yang mengajar. Kejenuhan belajar adalah suatu keadaan siswa yang ditandai dengan rasa bosan, letih, tidak bersemangat serta kecemasan dengan hasil belajarnya. Karena memaksakan diri dalam belajar namun usahanya tidak membuahkan hasil. Ada beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan belajar yaitu mengatur waktu sebaik mungkin. Menguasai diri dan gaya belajar seperti apa yang dia sukai. Tidak perlu memikirkan beratnya atau sulitnya belajar sistem daring. Menyiapkan alat-alat yang menunjang pembelajaran sistem daring. Menentukan target pencapaian nilai akhir. Menyediakan waktu untuk menghibur diri.

Baca juga:   Pembelajaran Daring IPA dengan Media Paper Merge Cube Augmented Reality

Kunci utama pembelajaran online adalah kesabaran dan kegigihan seseorang dalam menghadapi karakter dan kemampuan serta latar belakang kehidupan siswa yang beranekaragam. Seorang guru harus bisa memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat agar dapat dan mudah diakses dan diikuti oleh semua siswa. Sehingga bisa menikmati pembelajaran di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.
Dampak kebosanan belajar ini harus ada bimbingan, pendampingan, perhatian, antara guru dan orang tua/keluarga terhadap siswanya. Dibuat sebaik mungkin sehingga pembelajaran BDR tetap berjalan dengan lancar, yang penting ingat 4M harus dilaksanakan. Yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan. (pm2/lis)

Guru SDN Soronalan 2, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya