Meningkatkan Pemahaman Tayamum pada Siswa melalui WhatsApp

Oleh : Umi Rohmah,S. Pd. I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak awal tahun 2020 pertengahan Maret semua sekolah hingga perguruan tinggi melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah secara daring (jaringan internet Perangkat yang paling sering digunakan selama proses pembelajaran di masa pandemi ini adalah handphone Android mampu menunjang kelangsungan proses pembelajaran melalui aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan selama pembelajaran jarak jauh baik oleh guru atau pun siswa.

Guru memiliki peranan yang penting dalam menentukan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas. Oleh sebab itu,guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan terutama didalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran. Dalam mengajar guru diharapkan mampu memilih cara yang tepat untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang fikih kelas I Madrasah Ibtidaiyah KD 4. 7 Mempraktikkan tata cara tayamum. Pengertian tayamum adalah cara bersuci pengganti wudlu dan mandi wajib. Tayamun dilakukan jika kita tidak menemukan air,misalnya karena kemarau panjang,air sumur menjadi kering. Jika kita dalam kondisi sakit yang menyebabkan dokter melarang badan kita terkena air. Sebelum mengerjakan salat kita wajib wudu sebagai penggantinya jika tidak menemukan air atau karena sakit adalah tayamum merupakan salah satu syarat sahnya salat. Tayamum merupakan salah satu di antara cara untuk menghilangkan hadats, yakni hadats kecil ataupun besar. Penulis sebagai pendidik akan memanfaatkan media sosial whatsApp untuk mempraktikkan cara tayamum sebelum siswa melakukan salat fardhu maupun salat sunah.

Baca juga:   Pembelajaran Menulis Puisi Langsung Ning Alam Lebih Efektif

Namun sebelum anak-anak melihat tayangan video cara tayamum melalui media sosial whatsApp, perlu diperkenalkan rukun tayamum. Rukun tayamum artinya hal-hal yang harus dilakukan ketika tayamum. Sedangkan rukun tayamum yaitu niat,mengusap wajah,mengusap kedua tangan sampai siku dan tertib. Rukun tayamum sangat penting dan wajib bagi seorang muslim untuk mengetahuinya,dikarenakan tidak sah tayamum seseorang jika tidak memenuhi semua rukunnya tayamum. Jika dengan tayamum sebagai pengganti wudu seseorang tidak sah maka salatnya pun juga tidak sah.

Untuk mengenalkan siswa MI NU 13 Gebanganom Wetan tentang praktik tayamum melalui media sosial whatsApp penulis menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang,kejadian,aturan,dan urutan melakukan suatu kegiatan baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Djamarah, 2002). Dengan metode demonstrasi,proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Juga siswa dapat mengamati dan memperhatikan selama pelajaran berlangsung.

Baca juga:   Belajar Bahasa Inggris Lebih Asyik dengan Musik

Adapun langkah-langkah metode demonstrasi tayangan video melalui whatsApp yang akan disampaikan kepada siswa dalam praktik tayamum yaitu, Pertama, guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai yaitu mendemonstrasikan tayamum. Kedua, guru menyampaikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan. Ketiga, guru memberi contoh urutan tata cara tayamum mulai dari niat,mengusap wajah,mengusap kedua tangan sampai siku. Keempat, memberi tugas kepada 18 anak untuk mempraktikkan cara bertayamum sesuai dengan contoh tayangan video dan dikirim melalui whatsApp.

Dengan praktik tayamum melalui whatsApp perhatian siswa kelas 1 MI NU 13 Gebanganom Wetan dapat dipusatkan kepada hal-hal yang penting bisa diamati secara teliti. Di samping itu siswa lebih mudah diarahkan kepada kegiatan proses pembelajaran jarak jauh dan tidak dapat bergurau dengan temannya. Dapat mengurangi kesalahan bila dibandingkan dengan siswa hanya membaca dan mendengarkan karena dengan didemonstrasikan siswa akan lebih paham dan akan mendapatkan gambaran yang jelas. (ti2/ton)

Guru MI NU 13 Gebanganom Wetan

Author

Populer

Lainnya