Materi Kenampakan Alam lebih Mengasyikan dengan Peta Bolong dan Bendera Kata

Oleh : Royadi, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PETA adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi. Gambaran tersebut dilukiskan di suatu bidang datar dengan skala tertentu. Gambaran permukaan bumi yang dilukiskan meliputi wilayah sempit ataupun wilayah yang luas.Terdapat dua macam peta, yaitu peta umum dan peta khusus.

Pada pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas 5 di SD Negeri Wringingintung 01 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, terdapat materi tentang Kenampakan Alam serta keragaman flora dan fauna ( Muatan IPS, Kompetensi Dasar 3.1 dan 4.1). Pada materi ini anak cenderung merasa tidak tertarik, karena anak merasa melihat peta atau Atlas tematik itu membosankan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru perlu media yang tepat, agar siswa tidak merasa monoton dan bosan karena dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang guru inginkan. Dengan demikian siswa menjadi merasa senang. Tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru pun dapat tercapai dengan mudah. Media pembelajaran yang dapat kita gunakan yaitu mengkreasi media yang sudah ada, yaitu Peta Tematik menjadi ( berlubang / bolong ) dengan bendera kata. Adapun langkah – langkah pembuatan media pembelajarannya sebagai berikut :

Baca juga:   Tingkatkan Writing Skill pada Teks Interaksi Interpersonal dengan MetodeTPR

Menyediakan bahan yaitu, mmt peta Indonesia ukuran 60 x 90 cm, steorofom ukuran 60 x 90 cm ketebalan 2 cm, lis kayu ukuran 0,5 x 2 x 200 cm 2 lonjor, lem steorofom, isolasi double tape, sedotan dan paku. adapun alat – alat yang diperlukan yaitu gergaji, cutter, palu, pensil dan penggaris.

Cara membuat medianya yaitu, buatlah steorofom ukuran 2 x 60 x 90 cm dan di bingkai persegi panjang ukuran 60 x 90 cm dipaku tempelkan steorofom dengan double tape dan lem. Tempelkan mmt peta Indonesia seteorofom . Lubangi peta pada bagian ibukota provinsi menggunakan paku yang dipanaskan. Potong sedotan ukuran 3 cm , pasanglah sedotan pada lubang tadi dan dilem.

Berikutnya, buatlah bendera menggunakan kertas ukuran 4 x 6 cm dan tiang bendera ukuran 10 cm. pada bendera di tulis nama flora dan atau fauna masing – masing provinsi di Indonesia, kartu ukuran 5 x 10 cm terdapat nama – nama provinsi di Langkah pertama, siswa dibagi dalam 4 kelompok secara acak . Guru menentukan Nama provinsi tiap kelompok , tiap kelompok mendapat kartu nama provinsi dan bendera nama flora atau fauna, siswa yang mendapat nama provinsi ,kemudian mengambil bendera yang berisi flora atau fauna provinsi tersebut, bendera ditancapkan pada peta yang berlubang ( Bolong).

Baca juga:   Lancar Membaca dengan Make A Match

Dengan demikian siswa anggota kelompok secara tidak langsung menghafal nama provinsi beserta nama atau flora fauna di satu provinsi. Kelompok yang mendapat suatu provinsi, bertukar dengan kelompok lain, sehingga siswa nantinya dapat menghafal kenampakan alam serta keragaman flora dan fauna di Indonesia.
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media peta bolong dan bendera kata flora atau fauna , suasana kelas 5 SD N Wringingintung 01 menjadi lebih menyenangkan. Siswa mengikuti pembelajaran tanpa merasa bosan dan terbebani. (*/zal)

Guru SDN Wringingintung 01, Batang

Author

Populer

Lainnya