Komik Digital Kembangkan Teks Fiksi Masa Pandemi

Oleh : Yuli Ermawati, S.Pd. SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh besar terhadap pengembangan berbagai penyusunan atau implementasi media pembelajaran. Banyak media, salah satunya adalah komik. Menurut Wikipedia, komik adalah media untuk mengeksplorasikan ide dengan gambar yang sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lain. Komik sangat diminati baik oleh kalangan dewasa, remaja, maupun anak-anak. Tak pelak, komik menjadi alternatif selama belajar yang lebih menarik, inovatif dal aplikatif, dengan demikian, siswa dapat meningkatkan minat belajar.

Media pembelajaran dapat dikatakan menarik bila menimbulkan keingintahuan lebih lanjut dan rasa penasaran, sehingga memunculkan dorongan lebih tinggi untuk belajar aktif dan mandiri (Rusman : 2019). Komik dalam hal ini adalah komik digital, bisa dipilih karena memiliki kelebihan, seperti menciptakan minat siswa, membuat materi lebih menarik dan membantu siswa memahami konsep abstrak.
Penulis sebagai guru kelas 3 SD Negeri 01 Tlogopucang, Kandangan, Temanggung dalam mengajar bahasa Indonesia dalam KD “menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual dan eksplorasi lingkungan ”.

Baca juga:   Kiat Meningkatkan Imun Tubuh Siswa dalam Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi

Penulis menyampaikan materi dikemas menjadi alur cerita bergambar. Selain itu, penggunaan media pembelajaran komik digital yang tanpa menggunakan koneksi internet memudahkan siswa belajar, menggunkan HP atau gawai milik mereka. Siswapun dapat belajar secara mandiri tanpa instruksi dari guru dimana saja dan kapan saja.

Dalam membuat komik digital, penulis menggunakan aplikasi Comicer The Real (Comicker). Comicer adalah salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan membuat komik dengan HP secara offline. Dalam aplikasi iu tersedia karakter komik yang bisa kita gunakan untuk membuat cerita (LLC Comicker : 2016). Adapun beberapa langkah yang penulis sebagai guru SD Negeri 01 Tlogopucang, Kandangan, Temanggung praktikkan pada siswa saat mengajar pembuatan komik adalah: pertama, unduh aplikasi Comicker. Kedua, pilih menu register untuk memasukan biodata pengguna. Ketiga, isi biodata, kemudian rancang komik dengan klik new pada home SM/dok.

Selanjutnya pilih kotak halaman. Pilih add untuk menambahkan karakter. Kemudian klik karakter yang Anda inginkan. Jika sudah memilih karakter, atur sesuai dengan keinginan dan pin karakter agar tidak bergeser. Untuk melanjutkan ke halaman selanjutnya, klik next. Setelah selesai, klik save. Komik rancangan tersimpan secara otomatis.

Baca juga:   Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Langkah-langkah pembuatan komik digital itu penulis ajarkan pada siswa SD Negeri 01 Tlogopucang, Kandangan, Temanggung. Kemudian mereka dapat berkreasi membuat komik, berdasarkan materi yang telah mereka pelajari. Pemanfaatan gawai untuk pembuatan komik digital, membuat siswa kreatif dan inovatif karena mampu membuat produk komik digital. Siswa dapat menulis teks fiksi pada komik digital sesuai dengan imajinasi masing-masing, sehingga pembelajaran di kelas III sekolah dasar pada kompetensi dasar, menyajikan kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan latar cerita pada teks fiksi kreativitas dan hasil belajarnya meningkat. (bw2/lis)

Guru Kelas SDN 01 Tlogopucang, Kandangan, Kabupaten Temanggung

Author

Populer

Lainnya