Canva, Aplikasi Desain Grafis Millenial

Oleh : Imelda Wikan Kristian, S. Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, “Pengen pintar? Makanya belajar !” adalah salah satu tagline iklan yang akrab di telinga kita. Manusia selalu belajar, sehingga dapat bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya. Siswa di bangku sekolah harus belajar mandiri dan mengaplikasikan ilmu dari gurunya untuk menghasilkan produk kreasi siswa. Hal ini mendorong siswa berpikir kreatif untuk menyelesaikan tugas dari guru.

Kreativitas adalah kesanggupan seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang tidak hanya memiliki daya cipta untuk membuat suatu kreasi baru, tetapi juga mampu memberikan berbagai gagasan (ide pemecahan masalah) dalam menghadapi suatu persoalan atau masalah. Kreativitas yang ada merupakan gabungan dari kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan bersikap kreatif (Lestari, 2019). Kreativitas belajar mendorong siswa dalam mempelajari teori tentang desain grafis, bahkan menciptakan karya desain yang baru.

Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan (Andi Novianto, 2018). Desain grafis pada media cetak maupun digital dapat berupa logo, infografis, maupun company profile. Media eksternal grafis yang ditampilkan di luar ruangan dan berukuran besar dalam bentuk baliho, spanduk, maupun banner. Objek grafis bisa berupa benda maupun pakaian yang kita pakai seperti kaos, tas, dan topi.

Baca juga:   Pemberian Motivasi Belajar dengan Menggunakan Lirik Lagu

Canva adalah aplikasi online desain grafis yang diluncurkan pada tahun 2013 untuk memudahkan desain dan penerbitan secara online. Misi yang diusung memberikan kemudahan semua orang dalam membuat desain, dan menerbitkannya di mana saja. Sebelum masuk ke akun Canva, kita melakukan pendaftaran melalui email. Pembuatan desain bisa secara manual, maupun menggunakan template (tema) antara lain tema presentasi, pembuatan poster, desain infografis, jadwal kegiatan, dan tema multimedia. Pemanfaatan tema memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Kelengkapan tema meliputi ilustrasi desain dan ikon yang semakin memperkaya desain grafis baik berupa teks, dokumen, gambar, maupun video. Contoh proses desain pembuatan infografis dibuat menggunakan tema, adalah mengganti teks dan warna maupun menambahkan ikon yang ada.

Pembelajaran jarak jauh sangat bergantung pada ketersediaan alat, koneksi sinyal internet, dan kuota data internet. Pembelajaran jarak jauh tidak selalu diikuti seluruh siswa yang menyulitkan guru menyampaikan materi dan memantau pembelajaran. Kondisi pembelajaran jarak jauh membuat siswa tidak fokus mengikuti pembelajaran. Penggunaan laptop maupun telepon seluler oleh siswa, biasanya lebih cenderung memilih bermain game maupun membuka halaman situs yang lebih bersifat hiburan. Siswa kesulitan belajar desain grafis jika tidak menggunakan bantuan template (tema).

Baca juga:   Mudah Pahami Sistem Transmisi Otomatis dengan Media Engine Cutting

Proses penyimpanan pada Canva bisa secara offline di komputer maupun secara online melalui Google Drive maupun Dropbox. Akses ke Google Classroom memudahkan siswa dalam mempresentasikan hasil desain grafis, dan memudahkan penilaian bagi guru. Akses gratis Canva mendukung proses pembelajaran jarak jauh siswa pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Hal yang menggembirakan jika siswa dapat meningkatkan kreativitasnya dalam desain grafis. Dengan pilihan aplikasi Canva dapat digunakan secara maksimal untuk peningkatan kompetensi siswa. (bs1/ton)

Guru Produktif Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Pabelan Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya