Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas

Oleh : Tina Hidayah,S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Peran guru adalah seorang pendidik yang profesional yang menciptakan sikap dan prilaku siswa yang bernilai, bermoral dan religius. Di samping itu guru juga harus bisa membimbing peserta didiknya ke arah pendidikan yang lebih baik dan bermutu. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, serta melaksanakan pengawasan terhadap program dan suatu kegiatan yang ada di kelas sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara sistematis, efektif dan efesien.

Guru adalah tenaga pendidik yang profesional harus membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan standar kurikulum yang ada di sekolah tersebut. Dalam proses pembelajaran guru merupakan titik tolak ukuran tercapainya tujuan pembelajaran. Terciptanya pembelajaran yang kondusif apa bila guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran menjadi efektif, efesien dan menyenangkan. Pengelolaan kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh tenaga pengajar untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif apabila terjadi masalah di dalam kelas dan menciptakan situasi pembelajaran kearah yang lebih baik. Dalam pengelolaan kelas guru sering mengalami permasalahan yang terjadi dalam kelasnya yaitu masalah bersifat perorangan dan kelompok.

Baca juga:   Bola Panas Tingkatkan Passing Bawah Voli

Wiyani (2013: 130) menjelaskan, guru sebagai pengelola pembelajaran mengurus dan menata berbagai sarana belajar dalam pengaturan ruang kelas meliputi kegiatan-kegiatan berikut ini: 1) Mengadakan sarana belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar-mengajar. 2) Menata letak sarana belajar yang telah didapatkannya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. 3) Merawat sarana belajar yang ada di ruang kelas agar awet dan selalu siap dugunakan untuk mendukung keberhasilan tujuan pembelajaran. 4) Melakukan perbaikan terhadap tata letak sarana belajar yang ada di ruang kelas.

Sekolah Dasar Negeri 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan adalah sekolah dasar yang tergolong bagus. Sekolah ini sebagai contoh atau panutan sekolah dasar lainnya di Kecamatan Kedungwuni. Pada saat pembelajaran sebelum pandemi covid-19 pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, observasi dilakukan oleh guru kelas pada Kelas I SD Negeri 01 Kedungwuni dengan melakukan wawancara terhadap salah satu guru kelas lainnya. Dari informasi guru tersebut diketahui bahwa pengelolaan kelas ketika belajar tidak mudah karena pengelolaan kelas yang utama diperhatikan guru adalah karakter peserta didiknya. Dalam hal ini guru memberi siswa kebebasan memilih tempat duduk yang telah disusun oleh siswa dan gurunya sebelum pelajaran dimulai. Guru juga mengondisikan siswa melalui gerak badan dan suara yang jelas untuk menyiapkan peralatan belajar yang dibutuhkan saat belajar. Pembelajaran terlihat hidup. Hal ini dibuktikan saat observer melihat sendiri proses pembelajaran di kelas siswa I antusias dan semangat. Di samping itu siswa juga mengikuti intruksi dari gurunya saat kegiatan belajar mengajar.

Baca juga:   Serunya Permainan Game Penilaian Kahoot

Berdasarkan latar belakang di atas, peran guru dalam pengelolaan kelas sangat diperlukan dalam mengajar karena akan menciptakan pembelajaran yang kondusif guna tercapainya tujuan pembelajaran. Maka observer tertarik untuk mengetahui peran guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri 01 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. (ag1/ton)

Guru SD Negeri 01 Kedungwuni, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya