Kenali Teknik Analisis Kalimat Diterangkan Menerangkan

Oleh : Miss Zubaedah S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN menentukan ide pokok atau gagasan pokok tiap paragraf bagi siswa merupakan pelajaran yang sulit. Ini dikarenakan siswa belum memahami secara rinci proses tersusunnya sebuah paragraf. Siswa kurang berlatih menganalisa kalimat pada paragraf. Siswa juga malas untuk menganalisa kalimat dan menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf. Padahal untuk menentukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf membutuhkan kemampuan menganalisa kalimat dengan cepat dan cermat sehingga memerlukan daya tahan dalam menghadapi kesulitan.

Byron Massialas (1987) dalam (Naomi, 2007:57) mengembangkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ini memberikan lebih banyak pembentukan segi-segi pendidikan berdasarkan adanya sifat inquiry pada anak. Pandangan inquiry dihubungkan dengan perbaikan masyarakat dalam memecahkan masalah. Metode inquiry melibatkan siswa dalam proses mental dalam rangka penemuannya.

Teknik Diterangkan dan Menerangkan (DM) merupakan teknik analisa paragraf untuk menentukan kalimat utama menggunakan cara memilah kalimat diterangkan dan kalimat menerangkan dengan bantuan kartu kalimat. Dengan teknik ini, akan memudahkan siswa kelas VI SDN 01 Tanjungsari, Kecamatan Pemalang, dalam mengelompokkan antara kalimat yang diterangkan dan kalimat menerangkan. Kemudian siswa dapat membuat simpulan untuk menentuakan kalimat utama pada paragraf. Kalimat pokok/kalimat utama yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf (kalimat yang dijelaskan/diterangkan). Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi penjelas masalah pada kalimat utama (kalimat yang menjelaskan/menerangkan). Dengan teknik ini, siswa menemukan sendiri sebuah konsep yang dipelajari.

Baca juga:   Permudah Pahami Teks Anekdot dengan Media Animasi

Teknik analisa kalimat dijelaskan dan menjelaskan dimulai dengan, mengidentifikasi setiap kalimat pada paragraf. Mengelompokkan kalimat yang menjelaskan terpisah dengan kalimat yang dijelaskan. Mendistribusikan kalimat yang dijelaskan dan kalimat yang menjelaskan pada tabel kalimat. Mendefinisikan kedua kelompok kalimat pada tabel kalimat. Kalimat yang berada pada kolom kalimat yang dijelaskan disebut kalimat utama atau kalimat pokok pada paragraf. Kalimat yang berada pada kolom kalimat yang menjelaskan disebut kalimat penjelas. Kalimat yang ada pada kolom ”kalimat yang dijelaskan” disebut kalimat utama/kalimat pokok paragraf. Sedangkan kalimat yang ada pada kolom ”kalimat yang menjelaskan” disebut kalimat penjelas paragraf.

Dengan teknik analisa kalimat Diterangkan dan Menerangkan (DM) dapat meningkatkan keaktifan, antusiasme siswa kelas VI SDN 01 Tanjungsari, Kecamatan Pemalang, dalam meningkatkan keterampilan menemukan kalimat utama pada paragraf pada kompetensi dasar (KD) menemukan ide pokok/gagasan pokok tiap paragraf. Karena itu, guru dituntut selalu inovatif terhadap pembelajaran agar tak terkungkung pada paradigma lama. Sehingga guru yang mengajar model duduk, dengar, catat, hafal, dapat terkikis. Untuk itu penggunaan pembelajaran menentukan kalimat utama pada paragraf melalui analisa kalimat diterangkan menerangkan (DM) menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. (ag1/ida)

Baca juga:   Membuat Reklame Persuasi saat Belajar di Masa Pandemi

Guru SDN 01 Tanjungsari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya