Tingkatkan Kemampuan Wudu melalui Video Pembelajaran

Oleh : Mastiroh, S.Ag.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ruang lingkup Pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar meliputi berbagai aspek yaitu Alquran dan Hadits, akidah, akhlak, fikih, tarikh dan kebudayaan Islam. Wudu termasuk aspek fikih. Wudu adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Selain itu wudu juga menjadi syarat sahnya salat. Cara wudu yang benar dan sesuai dengan tuntutan Islam haruslah dilakukan dengan tepat agar ibadah salat kita diterima oleh Allah SWT.

Wudu merupakan cara atau bentuk menyucikan diri yang sudah disyariatkan oleh Islam. Tata cara wudu yakni pertama, membaca niat; kedua, membasuh telapak tangan; ketiga, berkumur; keempat, membasuh lubang hidung; kelima, membasuh wajah mulai dari ujung kepala mengenai rambut hingga ke bawah dagu; keenam, membasuh tangan hingga mengenai siku; tujuh, mengusap kepala; delapan, mengusap kedua telinga; sembilan, membasuh kaki; sepuluh, berdoa setelah wudu (www.suara.com).

Berdasarkan Kompetensi Dasar yang tercantum pada silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan BP “Ayo Berwudu” di tingkat sekolah dasar pada kelas dua, menuntut kecakapan melakukan wudu secara tertib (urut) dengan baik dan benar. Namun pada kenyataannya kebanyakan peserta didik kelas dua belum mampu melakukan wudu secara tertib. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan praktik wudu kelas dua SDN Gebanganom terlihat masih banyak siswa yang belum mampu melakukan wudu. Padahal mereka beragama Islam, di mana wudu merupakan syarat sah salat yang harus dilakukan oleh setiap pemeluknya.

Baca juga:   Mengoptimalkan Pembelajaran Tata Surya dengan Jigsaw

Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini telah terjadi perubahan di semua sektor, termasuk pendidikan, dengan menggunakaan pembelajaran jarak jauh (PJJ)/belajar dari rumah (BDR). Ada beberapa media yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh seperti zoom, Google Meet, video pembelajaran, WhatsApp dan lain–lain. Sedangkan yang dipakai dalam pembelajaran jarak jauh di SDN Gebanganom peserta didik kelas II materi “Ayo Berwudu” adalah video pembelajaran melalui WhatsApp. Pemilihan media pembelajaran ini yaitu suatu alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran yang dapat dilihat dan didengar sehingga sangat bermanfaat untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai.

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran pelajaran Pendidikan Agama Islam dan BP Pelajaran “Ayo Berwudu” kelas 2 SDN Gebanganom adalah sebagai berikut : Pertama. guru mengirim video pembelajaran ke dalam WhatsApp group peserta didik berisi KD, tujuan pembelajaran dan materi pelajaran 6 “Ayo Berwudu”, arti dan tata cara wudu meliputi niat wudu, urutan wudu dari awal sampai akhir dan doa sesudah wudu. Kedua, peserta didik mengamati, mempelajari dan mempraktikkan sesuai petunjuk yang harus dikerjakan. Ketiga, peserta didik melakukan tugas praktik wudu dikirim melalui WhatsApp group dengan didampingi orang tua karena keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik daring atau luring. Keempat, guru menilai/mengevaluasi hasil praktik wudu peserta didik dan memberi apresiasi melalui WhastApp group.

Baca juga:   Problematika PJJ Daring Bahasa Indonesia Bagi Guru Kelas 1 SD

Penerapan video pembelajaran melalui WhastApp group pada pelajaran praktik wudu bertujuan untuk membangkitkan keinginan dan meningkatkan kemampuan wudu dengan benar sesuai ajaran nabi Muhammad saw dan dapat memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Peserta didik tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, tetapi juga aspek psikomotorik yang memerlukan media pembelajaran sebagai piranti untuk memacu pemahaman pembelajaran arti dan tata cara wudu dari awal sampai akhir sehingga peserta didik mampu mempraktekkan secara maksimal.

Ternyata peserta didik SDN Gebanganom setelah menggunakan video pembelajaran termotivasi dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan BP sehingga dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan dalam melaksanakan wudu. Hasil nilai ketrampilan (praktik) juga lebih baik. Oleh karena itu video pembelajaran ini memudahkan peserta didik dalam mempelajari praktek wudu. (ti2/ton)

Guru PAI dan BP SDN Gebanganom

Author

Populer

Lainnya