Asyik Menulis Surat Resmi dengan Project Based Learning

Oleh: Rianta, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENULIS secara umum merupakan suatu kegiatan komunikasi berupa penyampaian pesan (informasi) secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Aktivitas menulis melibatkan beberapa unsur yaitu penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan, saluran, atau media dan pembaca. Menulis juga dapat dikatakan sebagai kegiatan merangkai huruf menjadi kata atau kalimat untuk disampaikan kepada orang lain, sehingga orang lain dapat memahaminya. Karena dengan menulis dapat terjadi komunikasi antar penulis dan pembaca dengan baik.

Salah satu bagian keterampilan menulis adalah menulis surat. Surat merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas manusia dalam era modern ini. Surat adalah sarana untuk menyampaikan pikiran, isi hati, maksud, atau kehendak kepada orang lain melalui bahasa tulis dengan menggunakan kertas sebagai medianya. Dalam menulis surat penulis harus terlebih dahulu memahami bagian-bagian surat, kegunaan surat, bahasa surat, dan langkah-langkah dalam penyusunan surat.

Surat resmi menurut Mansur (1998:3) adalah surat yang diselenggarakan antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan instansi pemerintah dan sebaliknya, perusahaan dengan perseorangan dan sebaliknya, instansi pemerintah dengan perseorangan dan sebaliknya. Berdasarkan sifat dan penggunaan ragam bahasa yang ditulis dengan bahasa resmi atau baku, surat lamaran, surat permohonan izin, dan sejenisnya yang dibuat atas nama diri sendiri termasuk dalam surat resmi.

Baca juga:   Momen Hari Raya Kurban dalam Membentuk Karakter Pelajar Pancasila

Lemahnya kemampuan peserta didik dalam menulis surat resmi disebabkan alokasi waktu pembelajaran menulis di sekolah-sekolah selama ini relatif lebih kecil. Hal ini menyebabkan kemampuan peserta didik belum maksimal. Peserta didik kurang mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dalam pembelajaran menulis. Model pembelajaran Project Based Learning dapat menumbuh kembangkan peserta didik dalam menyusun pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada masalah autentik sebagaimana yang telah dilakukan pada Kelas VII SMP Negeri 1 Doro Sebagaimana terdapat dalam kompetensi (KD) yang ada dalam kurikulum 2013 masa pandemi pada KI 4.7 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. Semua Langkah PBL dalam masa pandemi ini dilaksanakan melalui Whatsapp.

Langkah-langkah dalam PBL meliputi: orientasi masalah, identifikasi masalah, pengumpulan data, mengembangkan dan mendemontrasikan hasil, dan evaluasi dan pemecahan masalah. Pada pembelajaran online peran guru sebagai fasilitator sehingga dihasilkan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah pertama, setelah guru memberikan apersepsi, dan motivasi sehingga siswa menjadi tertarik dengan materi yang akan diberikan, siswa diorientasikan terhadap permasalahan yang diajukan. Permasalahan ini didapat dari contoh surat resmi yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang dibagikan via WA sehingga tiap siswa menerima surat sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran.
Langka kedua berupa identifikasi masalah. Setelah guru membagikan siswa ke dalam 4-6 kelompok online, Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) pada tiap kelompok. Melalui lembar Kerja, siswa dalam tiap kelompok diharuskan mengidentifikasi masalah yang akan didiskusikan sesuai bagian yang sudah ditentukan.

Baca juga:   Menanamkan Kedisiplinan pada Siswa secara Daring melalui Pembelajaran PPKn

Langkah ketiga adalah guru membimbing pengumpulan data dari tiap kelompok sebanyak-banyaknya, mereka diharapkan menemukan berbagai permasalahan berdasarkan pengetahuan mereka sendiri dalam memecahkan masalah.

Langkah keempat yaitu berdasarkan hasil yang diperoleh selama diskusi, siswa difasilitasi untuk menganalisa data yang terkumpul sesuai masalah yang ada. Siswa memberi argumen terhadap permasalahan yang ada dalam lembar kerja dalam bentuk laporan atau produk hasil diskusi. Mereka di minta mendemontrasikan hasil diskusi mereka.

Langkah kelima yaitu siswa merefleksikan dan mengevaluasi terhadap proses yang mereka lakukan. Refleksi dan evaluasi ini selanjutnya di presentasikan oleh setiap kelompok.

Kunci utama dalam mengembangkan keterampilan menulis surat resmi adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning yang merupakan rangsangan untuk memunculkan gagasan-gagasan dalam pembelajaran menulis surat resmi. Penggunaan metode PBL dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yakni siswa lebih antusias, aktif dan mandiri serta kualitas hasil atau nilai siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai di atas KKM lebih dari 75 persen siswa dalam satu kelasnya. (pg2/zal)

Guru SMPN 1 Doro

Author

Populer

Lainnya