Virtual Class dengan Google Classroom Efektif dalam Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi

Oleh : Erni Eko Rahayu, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Fisika adalah pelajaran tentang gejala alam yang dipecahkan menggunakan rumus-rumus untuk membuktikan suatu kejadian alam tersebut. Dalam pembelajaran fisika guru akan menjelaskan rumus-rumus, memberikan contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dan melakukan praktikum di laboratorium.

Fisika merupakan sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha menguraikan serta menjelaskan hukum alam dan kejadian-kejadian dalam alam dengan gambaran menurut pemikiran manusia (Druxes, 1986:12). Pendapat demikian menunjukkan bahwa fisika menjelaskan tentang hukum alam.

Pembelajaran fisika adalah bagian dari pelajaran ilmu alam. Ilmu alam secara klasikal dibagi menjadi dua bagian. Yaitu ilmu-ilmu fisik (physical sciences) yang objeknya zat, energi, dan transformasi zat dan energy. Dan ilmu-ilmu biologi (biological sciences) yang objeknya adalah makhluk hidup dan lingkungannya (Kemble, 1966:7). Maka, pembelajaran fisika akan meningkatkan kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan nalarnya dalam melakukan eksperimen.

Menurut Miarso (2005:50) perkembangan ilmu dan teknologi merupakan salah satu produk manusia yang terdidik, dan pada gilirannya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri.

Pembelajaran fisika dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Karena konsep dan penerapan fisika dapat menjelaskan peristiwa dan fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran fisika dapat dibangun melalui pengalaman yang dilakukan peserta didik. Ataupun pemberian pengalaman untuk mengembangkan kompetensi pada peserta didik. Proses belajar tersebut tidak sekadar dilakukan di sekolah tetapi bisa dilakukan di mana saja.

Baca juga:   Tingkatkan Ketrampilan Writing Skill dengan Metode TPR

Perkembangan tentang informasi dan teknologi sangat penting mengingat setiap tahun atau bahkan setiap bulan ilmu pengetahuan dan informasi selalu berkembang.

Salah satu metode pembelajaran online yang sering digunakan adalah Google Classroom. Google Classroom adalah aplikasi khusus yang digunakan untuk pembelajaran online yang dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga memudahkan guru untuk membuat, mengelompokkan dan membagikan tugas.

Selain itu guru dan siswa bisa setiap saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui kelas online Google Classroom dan siswa juga dapat belajar, menyimak, membaca dan mengirim tugas dari jarak jauh.
Kelebihan Google Classroom dibandingan dengan aplikasi lain yaitu dapat digunakan untuk membuat dan mengelola kelas, tugas, nilai serta memberikan masukan secara langsung. Peserta didik dapat memantau materi dan tugas kelas, berbagi materi dan berinteraksi dalam kelas atau melalui email, mengirim tugas dan mendapatkan masukan nilai secara langsung.

Hal ini sejalan dengan pendapat Hakim (2016) bahwa penggunaan Google Classroom memudahkan guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada peserta didik.
Keefektifan pembelajaran menggunakan Google Classroom dapat dilihat berdasarkan tingkat kesalahan yang dibuat siswa saat menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hal lain yang menjadi acuan keefektifan pembelajaran adalah pada saat guru memotivasi siswa untuk mempelajari materi yang telah diunggah ke dalam kelas Google Classroom.

Baca juga:   Polya Solusi Mudah Selesaikan Soal Cerita Matriks

Dengan Google Classroom, terbukti kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran fisika peserta didik SMA N 1 Grabag menjadi lebih baik. Disamping itu keefektifan dari penggunaan Google Classroom dapat dilihat dari respon yang positif peserta didik. Peserta didik dapat menggunakan Google Classroom secara optimal melalui proses belajar, proses untuk mengunggah hasil pekerjaan peserta didik.
Dapat disimpulkan berdasarkan tingkat kesalahan yang dilakukan peserta didik saat mengerjakan soal tes, motivasi peserta didik untuk belajar dan mengerjakan soal tes serta ketepatan waktu dari peserta didik untuk menggunggah hasil tes dan hasil kuesioner. (pm1/lis)

Guru Fisika SMAN 1 Grabag, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya