Pembelajaran Daring, Solusi Belajar saat Krisis Covid-19

Oleh: Agus Wahyu Kusuma Jati,

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN teknologi yang pesat membuat pembelajaran jarak jauh menjadi semakin mudah, kemampuan untuk menggunakan komputer yang terhubung ke jaringan memberikan kemungkinan untuk belajar dari mana saja, kapan saja, dalam kondisi apapun serta dengan cara apapun. Dalam kondisi ini, siswa dapat berada di mana saja (mandiri) untuk belajar dan berinteraksi dengan guru dan siswa lainnya. Kegiatan pembelajaran sinkron terstruktur yang berarti bahwa siswa mengikuti kegiatan pembelajaran secara langsung, terdapat interaksi real-time antara guru dan siswa, dan terdapat kemungkinan umpan balik instan. Pembelajaran sinkron dapat memberikan banyak kesempatan untuk interaksi sosial di tengah pandemi Covid-19 ini, platform daring diperlukan di mana (a) memungkinkan konferensi video, (b) diskusi dengan siswa dapat dilakukan, (c) koneksi internet yang baik, (d ) kegiatan pembelajaran yang dapat diakses di ponsel dan tidak hanya laptop, serta (e) umpan balik instan dari siswa selama kegiatan pembelajaran.

Ada beberapa teknologi yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran daring, namun terkadang hal itu menimbulkan beberapa kesulitan. Kesulitan dan masalah yang terkait dengan teknologi modern ini berkisar dari kesalahan pengunduhan, masalah penginstalan, masalah login, masalah dengan audio dan video, dan sebagainya. Terkadang siswa menganggap pengajaran daring membosankan dan tidak menarik. Pembelajaran daring memiliki banyak waktu dan fleksibilitas sehingga siswa tidak pernah punya waktu untuk melakukannya. Perhatian siswa juga merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi pembelajaran daring, siswa menginginkan interaksi dua arah yang terkadang sulit diterapkan. Proses pembelajaran tidak dapat mencapai potensi penuhnya sampai siswa mempraktikkan apa yang mereka pelajari. Adakalanya materi pembelajaran daring bersifat teoritis dan biasa-biasa saja serta tidak membiarkan siswa berlatih dan belajar secara efektif.

Baca juga:   Mengembangkan Kosa Kata Anak melalui Cerita dengan Media Wayang

Kualitas kegiatan pembelajaran harus terus ditingkatkan dan guru harus berusaha memberikan yang terbaik. Program pembelajaran daring harus dirancang sedemikian rupa sehingga kreatif, interaktif, relevan, berpusat pada siswa. Pendidik harus membuat strategi yang efektif untuk memberikan instruksi kegiatan pembelajarn daring. Dalam rangka kegiatan pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Bodeh, sekolah memberikan berbagai stimulus kepada guru untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik serta mampu memberikan materi pelajaran kepada siswa dengan tepat. Salah satu bentuk stimulus yang diberikan kepada guru-guru di SMP Negeri 3 Bodeh dilakukan melalui pengimbasan oleh seorang guru yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan modul serta perangkat pembelajaran.

Pengimbasan yang diberikan adalah pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran pembelajaran tersebut diharapkan mampu memberikan informasi yang lengkap tentang materi pelajaran yang diajarkan kepada siswa. Pada mata pelajaran PJOK, guru membuat media pembelajaran dengan materi permainan bola besar passing bawah dan passing atas. Media pembelajaran disusun dengan menggunakan berbagai gambar sederhana yang disusun secara berurutan sesuai urutan gerakan passing bawah dan passing atas.

Baca juga:   Atasi Masalah Siswa selama Pandemi lewat Konseling Virtual

Gambar-gambar yang dipilih adalah gambar-gambar yang mudah dipahami serta menarik. Gambar-gambar tersebut disusun secara detail serta diberikan keterangan tentang bentuk kegiatannya. Setelah terciptanya media pembelajaran tersebut, guru PJOK mengujicobakan kepada siswa melalui media daring. Dalam ujicoba, guru PJOK mendapatkan hasil yang luar biasa, dimana siswa menjadi sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran. Siswa merasa mudah memahami isi materi pelajaran serta mampu mempraktikkannya dalam kegiatan belajar mandiri di rumah masing-masing. (pg2/zal)

Guru PJOK SMPN 3 Bodeh

Author

Populer

Lainnya