Belajar Teks Narrative dengan Media Wayang

Oleh: Sumiyati,S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang dipandang cukup sulit bagi para peserta didik kami di SMP Negeri 3 Bodeh. Kami selaku guru berupaya untuk selalu membangkitkan minat belajar mereka pada mata pelajaran tersebut.

Pembelajaran ini kami praktekkan di kelas IX semester genap. Pertama tama kami memperkenalkan dulu apa itu teks Narrative. Teks Narrative adalah teks imajinatif untuk menghibur seseorang. Ada empat macam teks Narrative yaitu fairy tales,folktale,fabel dan legend. Contoh fairy tales misalnya Beauty and The Beast,folktale misalnya Sangkuriang,fabel contohnya The Ant and The Grasshopper sedangkan legend contohnya The Legend of Lake Toba. Setelah peserta didik mengetahui macam-macam teks tersebut,mereka tinggal memilih.

Setelah mereka memilih cerita, baru kami mempersiapkan medianya. Medianya adalah berupa wayang yang bisa kami buat sendiri.Yaitu dengan cara mempersiapkan bahan –bahannya seperti; gambar yang sudah dipress atau dilaminating(tidak perlu besar seperti wayang sesungguhnya,yang penting terlihat),beberapa potong kayu tipis untuk menjepit gambar,dan jarum serta benang untuk mengikat gambar agar kuat.

Baca juga:   Problematika Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Lingkungan SD

Kalau cerita Beauty and The Beast yang dipilih maka perlu disiapkan gambar Beautynya yaitu seorang gadis cantik,terus gambar The Beastnya yaitu seekor hewan mirip singa yang sangat jelek,para pedagang dengan pasarnya,sebuah awan gelap/mendung dan gambar –gambar lain yang berhubungan dengan cerita.

Persiapan selanjutnya adalah teks ceritanya. Untuk pertama kali apabila belum hafal ceritanya,bisa sambil membaca. Tetapi sebaiknya seorang dalang harus hafal skenario teksnya. Nah, apabila sudah siap semuanya,demonstrasi kami bisa segera dimulai. Seperti seorang dalang yang sedang memainkan wayang-wayangnya. Jadi artikel ini menggunakan metode demonstrasi.

Dalam lomba story telling,media ini juga sesuai apabila digunakan. Selain lebih menarik media ini juga mudah digunakan. Tinggal memperhatikan ucapan/pronounciation,intonasi/intonation,pilihan kata/diction,dan tekanan/stressing. Itu kalau mau hasil yang optimal. Media dan metode ini juga bisa diterapkan dalam ujian praktek Bahasa Inggris kelas IX.

Disamping itu perlu mental dan keberanian yang kuat apabila cerita tersebut akan dipentaskan. Kelebihan dan keunikan wayang tersebut adalah menggunakan Bahasa Inggris.Sedangkan pentas wayang yang biasa kita jumpai menggunakan Bahasa Jawa atau Bahasa Sunda.

Baca juga:   Stop Bullying dengan Penguatan Pendidikan Karakter

Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat, terutama bagi saya sendiri dan para peserta didik kami di SMP Negeri 3 Bodeh untuk meningkatkan kompetensi kami serta seluruh pembaca lainnya. (pg2/zal)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Bodeh

Author

Populer

Lainnya