Mudahnya Belajar Teks Formulir dengan Metode NHT

Oleh : Kusbandiyah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar sebagai sebuah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari sebuah pengalaman atau latihan yang diperkuat. Untuk membentuk pengalaman belajar yang mendalam diperlukan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran menyenangkan menjadi target utama kebanyakan guru. Namun untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami siswa sering terdapat kendala seperti yang dialami penulis di kelas VI di SD Negeri Delegtukang Wiradesa.

Masih ada beberapa siswa yang kesulitan memahami materi ajar dan tidak memperhatikan dengan baik. Kondisi ini menjadi pengamatan penulis untuk menemukan penyebab kendala pembelajaran. Penulis menggunakan metode yang sesuai untuk membuat pembelajaran yang menarik. Adalah metode Numbered Head Together pada materi teks formulir di kelas VI. Penulis percaya bahwa metode ini sebagai solusi pembelajaran yang memudahkan pemahaman siswa dalam belajar teks formulir.

Materi pembelajaran teks formulir ini memiliki kompetensi dasar pada ranah pengetahuan mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantorpos, daftar riwayat hidup. Pada ranah keterampilan mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

Baca juga:   Tumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan melalui Pembelajaran Outdoor Study

Indikator capaian belajarnya siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain) dan siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang berbagai jenis teks formulir (ekskul, lomba, dan lain-lain).

Model pembelajaran Numbered Head Together adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, meningkatkan semangat kerja sama siswa (Huda, 2013:38).

Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk terlibat dalam pembelajaran. Menurut Aris Shoimin (2013: 107) Numbered Head Together (NHT) merupakan model yang mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda.

Langkah- langkah model pembelajaran Numbered Head Together pada materi teks formulir sebagai berikut : pertama, guru melakukan apersepsi dan memberikan motivasi . Motivasi ini untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan memberi semangat dalam pembelajaran yang akan diterima. Lalu , siswa dibagi dalam kelompok-kelompok. Masing-masing siswa dalam kelompok diberi nomor. Kemudian, guru memberikan tugas atau pertanyaan dan masing-masing kelompok mengerjakannya. Setelah itu, kelompok berdiskusi untuk menemukan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan semua anggota kelompok mengetahui jawaban tersebut. Selanjutnya, guru memanggil salah satu nomor. Siswa dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok mereka. Terakhir, guru memberikan kesimpulan pembelajaran dan juga refleksi pembelajaran. Tahap refleksi ini untuk mengetahui kendala dan capaian pemahaman siswa pada materi teks refleksi.

Baca juga:   Guling Tingkatkan Pembelajaran Masa Pandemi

Model pembelajaran Numbered Head Together pada materi teks formulir dapat memperluas pengetahuan siswa terhadap materi teks formulir, melatih siswa untuk berani menyampaikan pendapat, terciptanya saling percaya, serta kerja sama antarsiswa dan antar anggota kelompok untuk berfikir dalam menyelesaikan satu tugas atau masalah. Siswa saling berfikir aktif dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa mampu untuk mengembangkan keterampilan berfikirnya.

Dengan diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan suasana kelas menyenangkan. Meskipun dalam pelaksanaan pembelajaran NHT suasana kelas menjadi lebih ramai bahkan sampai tidak terkontrol maka pengelolaan kelas yang baik menjadi keberhasilan model pembelajaran tersebut. (ce2.4/lis)

Guru Kelas VI SD Negeri Delegtukang Wiradesa

Author

Populer

Lainnya