Mudahnya Belajar Makanan Bergizi dengan Picture and Picture

Oleh : Murasih,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pengajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yakni seperangkat peristiwa yang dapat mempengaruhi objek didik sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar dapat terjadi. Pada implementasinya, pembelajaran menarik yang mampu menarik perhatian dan membangun semangat siswa dalam kelas pembelajaran tidak selalu mudah. Hal ini sebagaimana dialami penulis di SD Negeri Kebandungan Bodeh pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) masih terdapat beberapa siswa yang acuh tak acuh dan tampak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penulis menerapkan metode picture and picture pada materi makanan bergizi kelas III (tiga).

Materi pembelajaran makanan bergizi memiliki kompetensi dasar pada ranah pengetahuan memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ranah ketrampilan, menceritakan perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh. Indikator capaian belajarnya bahwa siswa mampu mengidentifikasi makanan bergizi dan jajanan sehat serta menjelaskan pentingnya makanan bergizi.

Menurut Johnson & Johnson, prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif picture and picture adalah sebagai berikut setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya. Setiap anggota kelompok harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama. Setiap anggota kelompok harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya. Setiap anggota kelompok akan dikenai evaluasi.Setiap anggota kelompok berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya. Setiap anggota kelompok akan diminta mempertanggung-jawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Baca juga:   Cinta Nabi dan Rasul melalui Model Pembelajaran CIRC

Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan dalam kondisi yang menyenangkan. Sehingga apapun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati, serta dapat diingat kembali.

Adapun Langkah-langkah model pembelajaran picture and picture pada materi makanan bergizi kelas III mata pelajaran PJOK sebagai berikut pertama, guru menyampaikan apersepsi dan memberikan motivasi. Lalu guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Setelah itu, guru menyajikan materi makanan bergizi dengan memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan makanan bergizi yang berpengaruh terhadap kesehatan. Dalam perkembangakan sebagai guru dapat memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video yang disambungkan dengan internet untuk tersambungkan dengan Youtube. Guru memanggil siswa secara bergantian mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Disini guru menyebarkan gambar –gambar secara acak terdiri gambar makanan bergizi dan tidak bergizi dan memisahkan keterangan gambar yang berisi kandungan gizi yang terdapat pada makanan didalam gambar tersebut. Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut. Dari urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Kemudian, guru melakukan penilaian terhadap pemahaman siswa. Terakhir, guru melakukan kesimpulan dan refleksi.

Baca juga:   Mudah Menulis Descriptive Text dengan PWIM

Kelebihan model pembelajaran picture and picture antara lain materi yang diajarkan lebih terarah karena pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu, siswa lebih cepat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari, dapat meningkat daya nalar atau daya pikir siswa karena siswa disuruh guru untuk menganalisa gambar yang ada dan dapat meningkatkan tanggung jawab siswa. (pg2/ton)

Guru PJOK SD Negeri Kebandungan Bodeh

Author

Populer

Lainnya