Menggali Kemampuan Berbahasa melalui Pembelajaran Tanya Jawab

Oleh : Titin Hartati,S.Pd.AUD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ANAK usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-6 tahun ,dan merupakan kelompok anak yang sedang berada pada proses pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasannya. Pada masa ini merupakan masa penting untuk mem[ersiapkan segenap potensi fisik,akalmaupun mental yang ada pada manusia dengan sebaik-baiknya oleh karena itu pada masa ini disebut dengan golden age atau usia emas. Oleh karena itu di masa golden age ini hal yang harus dilakukan oleh orang tua dengan mengikutsertakan anak di lembaga pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan dimasyarakat.

Hal ini bertujuan untuk memberikan pendidikan informal yang berfungsi untuk menggali potensi anak yangbelum tampak dengan pengembangan pembelajaran yang penekanannya pada aktifitasnya. Di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inilah dalam proses pembelajarannya peserta didik akan diberikan rangsangan atau stimulus terhadap seluruh aspek perkembangannya dan diantaranya adalah perkembangan bahasa. Pemberian pembelajaran untuk anak usia dini dalam merangsang perkembangannyapun dilaksanakan menggunakan metode yang tepat agar proses perkembangan peserta didik dapat maksimal sebagaimana yang kami lakukan di TK Pembina Negeri Taman Kabupaten Pekalongan dalam pembelajaran KD.4.11.Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif ( menggunakan bahasa secara verbal dan non verbal). Pada Kompetensi dasar 4.11 ini kami menggunakan metode pembelajaran tanya jawab untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dari peserta didik kami.

Baca juga:   Kenali Beragam Teknologi Sederhana dengan CTL

Menurut Wibowo (2001;31) pengertian bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal yang bersifat arbitrer dan konvensional yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran. Sedangkan kemampuan bahasa terdiri dari kemampuan menyimak,kemampuanberbicara, kemampuan menulis dan kemampuan membaca. Keempat kemampuan bahasa itu saling berkaitan,oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa ini dipilih metode pembelajaran tanya jawab karena dalam metode tanya jawab ini keempat kemampuan dalam berbahsa terlibat semuanya.

Metode tanya jawab menurut Roestiyah (2011;11) adalah suatu cara mengajar dimana guru dan peserta didik aktif bersama,guru bertanya peserta didik memberikanjawaban , peserta didik mengemukakan pendapat ide baru dan dengan ini guru bertujuan. Adapun tahap-tahap metode pembelajarannya adalah merumuskan tujuan,dalam pembelajaran ini tujuanyang akan dicapai adalah menggali kemampuan berbahasa anak usia dini. Menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan kepada peserta didik yang sesuai dengan tujuan yaitu menggali kemampuan berbahasa peserta didik. Menetapkan dan menyimpulkan jawaban sesuai dngan tujuan pembelajaran. Menyediakan kesempatan bertanya bagi peserta didik pada hal-hal yang belum dipahami. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya pada hal-hal yang sifatnya pengembangan atau pengayaan. Memberi kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sifatnya pengembangan atau pengayaan tersebut. Menyimpulkan materi jawaban yang relevan dengan tujuan.

Baca juga:   Guru Mengajar dengan Semangat, Minat Belajar Siswa Meningkat

Dengan menggunakan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran ini peserta didik di motivasi untuk aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita berikan,sehingga dengan demikianpeserta didik akan berupaya untuk menyampaikan ide dan gagasannya untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.Dengan demikian selain peserta didik menjadi aktif terlibat dalam proses pembelajaran kita dapat menggali dan melatih kemampuan berbahasa dari peserta didik. (ipa1/zal)

Guru TK Negeri Pembina Taman, Pemalang

Author

Populer

Lainnya