Gembira Belajar melalui Siaran Radio Pembelajaran di Masa Pandemi

Oleh : Candra Dewi M S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SIARAN Radio Pembelajaran (SRP) merupakan wujud penyampaian pembelajaran untuk peserta didik yang menjadi salah satu terobosan pemerintah daerah di Kabupaten Pekalongan pada masa mewabahnya virus korona ini. Sesuai dengan anjuran Kemendikbud bahwa tujuan belajar dari rumah untuk memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19. Keterbatasan sarana dan prasarana menjadi hal yang sangat penting mengingat letak geografis yang beragam. Pemanfaatan media dan sumber belajar melalui radio menjadi salah satu solusi yang murah serta dapat menjangkau semua lapisan.

Penulis merupakan salah satu tim penyaji dalam SRP tersebut. SRP ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pekalongan dengan Radio RKS FM. Bertujuan sebagai media pembelajaran serta upaya pemerintah daerah untuk menyampaikan anjuran hidup sehat untuk mengurangi penyebaran virus korona yang sedang merebak di tengah masyarakat. Materi pembelajaran dapat tersampaikan secara luas. Orang tua dapat memantau dan ikut membimbing putra-putrinya selama proses pembelajaran berlangsung.

Sebelum siaran mengudara penulis terlebih dahulu menyampaikan jadwal melalui MGMP maupun whatsapp group (WAG) untuk kemudian diteruskan kepada peserta didik. Sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk mendengarkan sekaligus membuat rangkuman maupun tugas yang diberikan penyaji. Materi pembelajaran disampaikan sesuai dengan sistematika dari tingkat mudah ke tingkat yang lebih sulit yang mana diharapkan peserta didik dapat mengikuti dengan baik.

Baca juga:   Model Discovery Learning Tingkatkan Keaktifan Belajar PPKn

Selain itu peserta didik juga bergembira belajar karena SRP diselingi dengan lagu-lagu menarik yang sesuai dengan tema pada tingkatan kelas masing- masing. Materi pembelajran yang penulis sajikan waktu itu adalah untuk kelas 1 semester 2 pada tema 5 sampai dengan tema 8. Pada awalnya peserta didik sedikit mengalami kesulitan tetapi seiring berjalannya waktu mereka dapat mengikuti dengan selalu stay tune pada gelombang radio.

Beberapa kelebihan yang dapat dilihat dari siaran radio ini adalah sebagai berikut, 1) media pesan suara yang relative murah. 2) Mudah terjangkau oleh masyarakat luas. 3) Penyajian materi disajikan secara menarik dan mudah dipahami siswa. 4) Siaran Radio pembelajaran di siarkan melalui tiga gelombang radio yang berbeda dan interval waktunya juga berbeda, sehingga bagi yang ketinggalan bisa mendengarkan ulang pada gelombang radio yang lain yang sudah ditetapkan waktunya. Namun demikian, siaran radio pembelajaran juga mengalami beberapa kendala di antaranya bagi peserta didik yang geografisnya di dataran tinggi mengalami kendala sinyal pada gelombang radio.

Baca juga:   Peran Kepemimpinan Kepsek dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

SRP juga membangun relasi yang lebih secara emosional dalam sebuah keluarga di tengah pandemi Covid-19 melalui pendampingan orang tua/wali kepada anak. Karena itu, peserta didik dapat belajar dengan gembira. Belajar dari rumah tetap menyenangkan serta informasi penting dapat disiarkan ke masyarkat umum secara langsung. Guru dan peserta didik serta orang tua merasa senang. Melalui SRP hasilnya dapat dilihat dengan pencapaian tujuan pembelajaran pada semester II di SDN 02 Mesoyi, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, dapat tersampaikan dan hasil belajar siswa meningkat. (gb1/ida)

Guru SDN 02 Mesoyi, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya