Tingkatkan Semangat Belajar Genetika dengan TTS Online

Oleh : Dra. Siti Noor Chasanah Sumarhati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi covid 19 seperti saat ini kegiatan pembelajaran tidak maksimal. Semangat belajar siswa pada umumnya tidak sebergairah seperti saat pembelajaran tatap muka di sekolah. Begitu juga siswa SMAN1 Wonosegoro untuk mengikuti pembelajaran pun tidak antusias. Dikarenakan jaringan internet tidak mendukung bagi sebagian besar siswa. Pembelajaran tatap muka melalui zoom meetingpun sangat sulit bisa terlaksana. Maka dibutuhkan kreatifitas guru untuk mendongkrak semangat belajar siswa siswinya. Terutama pada mata pelajaran Biologi khususnya materi genetika.

Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat sifat menurun dari generasi ke generasi. Materi pembelajaran ini disampaikan di kelas XII semester satu. Materi ini mempelajari penggabungan antara gamet dari dua individu yang berbeda jenis kelaminnya. Maka sarat dengan hitungan matematis. Penyampaian kepada siswa akan lebih mudah bila menggunakan media bermain. Permainan yang tepat dan mengasyikkan adalah model teka-teki silang.

Teka teki silang menjadi alternatif model pembelajaran yang cocok khususnya bila diterapkan di SMAN1 Wonosegoro.Teka-teki silang sering disingkat dengan TTS. Adalah suatu permainan kata yang biasanya berupa serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih (Wikipedia). Materi dan format bangun TTS disampaikan pada forum WA grup kelas. Hal ini diharapkan siswa dapat membuka dan melaksanakan permainan teka-teki silang diluar waktu pembelajaran. Mengingat SMAN1 Wonosegoro terletak di Desa Repaking, Kecamatan Wonosamodro dalam wilayah kabupaten Boyolali. Notabene merupakan daerah pinggiran yang dikelilingi hutan jati. Sehingga jaringan internet sebagian besar sulit didapatkan.

Baca juga:   Strategi Pembelajaran Tingkatkan Prestasi Siswa

Permainan TTS dibuat dalam beberapa bentuk bangun. Sejumlah kelompok siswa dalam suatu kelas. Masing-masing kelompok beranggotakan lima sampai enam siswa. Setiap bangun TTS mewakili dari setiap pokok bahasan materi Genetika. Pertanyaan berupa soal teori dan hitungan genetik. Soal disusun secara vertikal dan horisontal. Antara jawaban yang satu terdapat huruf yang akan menjadi petunjuk bagi jawaban yang lain di baris atau kolom yang berikutnya. Anggota kelompok akan bekerjasama mengisi kolom dan baris itu dengan cara berdiskusi melalui media WA grup kelompok. Ternyata siswa sangat antusias belajar untuk mencari jawaban yang harus dipasang pada baris dan kolom tersebut. Setelah selesai mengisi seluruh kotak pada bangun TTS tersebut, setiap kelompok mengirimkan hasil kerjanya di WA grup kelas. Hasil kerja kelompok akan dikoreksi oleh kelompok yang lain. Hal ini akan mengajak seluruh siswa belajar dan mengetahui pertanyaan serta jawabannya dari semua bangun TTS yang diberikan oleh guru. Selanjutnya perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan pendapat atas hasil kerja mereka. Bila diperlukan bisa mempertahankan pendapat dari hasil kerjanya. Langkah yang terakhir adalah guru memberikan masukan kepada masing-masing kelompok dan mengambil kesimpulan. Sehingga seluruh siswa memahami seluruh point materi pembelajaran.

Baca juga:   Karyawisata Solusi Kejenuhan Siswa

Model pembelajaran TTS ini dianggap tepat dilakukan secara online untuk materi Genetika. Khususnya bagi siswa siswi SMAN1 Wonosegoro. Selain memancing siswa untuk membuka dan mempelajari buku, juga aktif menghitung secara aktif. Penulis berharap pandemi covid 19 ini segera berakhir. Sehingga pembelajaran normal tatap muka segera dapat dilaksanakan. (bs1/ton)

Guru Biologi SMAN1 Wonosegoro, Boyolali

Author

Populer

Lainnya