BDR Berbantuan Benda Konkret dan Video Pembelajaran

Oleh: Sri Maryanti, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Belajar Dari Rumah (BDR) bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Selokaton Sukorejo Kendal penulis lakukan untuk pembelajaran Kompetensi Dasar 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga khususnya indikator 3.9.1 menemukan rumus luas persegi dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret. Hasil penilaian cukup memuaskan, dari 22 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 80 persen dengan rata-rata mencapai 66, dan 80 persen siswa menyatakan senang dan paham dengan pembelajaran Matematika berbantuan benda konkrit (Untukmu Guruku, Jawa Pos, 25 Februari 2021).

Untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Kompetensi Dasar 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga khususnya indikator 3.9.2 menemukan rumus luas persegi panjang dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret penulis memanfaatkan media video pembelajaran. Video pembelajaran sangat bermanfaat dalam pembelajaran antara lain (1) Siswa mendapatkan penjelasan yang tepat; (2) Siswa dapat mengulang-ulang penjelasan dari video pembelajaran yang dibuat dari guru; (3) Jauh lebih hemat kuota, karena video pembelajaran dari guru dapat dikompress/diperkecil sehingga tidak membebani kuota; (4) Proses pembelajaran siswa menjadi lebih efektif; (5) Dengan adanya video pembelajaran, siswa mendapatkan intruksi yang jelas tentang penugasan; (6) Video pembelajaran dapat mengubah persepsi siswa tentang pembelajaran daring, yang dimana mungkin sebagian siswa merasa pembelajaran daring hanya sekedar mengerjakan tugas. Dengan adanya video pembelajaran, siswa akan menemukan penjelasan sesuai dengan materi yang disampaikan (Bagus Arif Waluyo (2020).

Baca juga:   Optimalisasi Pembelajaran Matematika Daring melalui Channel YouTube Guru

Pendapat di atas diperkuat dengan hasil penelitian Erma Suryani Sahabuddin Amrah dan Rezki Dwi Atirah (2020) berkaitan dengan pemanfaatan vidio pembelajaran adalah (1) Penggunaan media video pembelajaran matematika berlangsung secara efektif; (2) Gambaran minat belajar setelah menggunakan media video pembelajaran matematika pada kategori berminat; (3) Gambaran hasil belajar setelah menggunakan media video pembelajaran matematika pada kategori sangat baik, (4) Pengaruh Penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa yaitu lebih dari lima puluh persen dipengaruhi oleh hasil belajar.

Langkah-langkah pembelajaran yang penulis lakukan dalam pembelajaran bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Selokaton, Sukorejo, Kendal, Kompetensi Dasar 3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga indikator 3.9.2 menemukan rumus luas persegi panjang dengan menggunakan media pembelajaran benda konkret dan video pembelajaran sebagai berikut. Pertama, penulis menyapa para siswa lewat grup whatshap (wa) kelas dilanjutkan dengan berdoa. Kedua, siswa diminta menyiapkan benda-benda konkret berbentuk persegi panjang dari kertas-kertas berkas. Ketiga, siswa diminta memperhatikan dan menyimak video pembelajaran cara menentukan luas persegi panjang. Keempat, siswa diminta mempraktikkan cara menentukan rumus luas persegi panjang seperti dalam video pembelajaran. Kelima, siswa dibimbing untuk membuat simpulan luas persegi panjang yaitu panjang kali lebar.

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan RME

Setelah siswa memahami bagaimana cara menentukan luas persegi panjang, selanjutnya siswa berlatih memecahkan masalah dengan cara siswa mempelajari dan menyalin contoh-contoh soal yang berkaitan dengan luas persegi panjang. Pada akhir pembelajaran siswa mengerjakan penilaian berupa kuis yang dikerjakan secara daring menggunakan smartphone masing-masing. Hasil penilaian sangat memuaskan, dari 22 siswa yang tuntas belajar 100 persen dengan rata-rata mencapai 90, dan 100 persen siswa menyatakan sangat senang dan paham dengan pembelajaran Matematika berbantuan benda konkret dan video pembelajaran.(lbs2/aro)

Guru Kelas IV SDN 2 Selokaton, Sukorejo, Kendal

Author

Populer

Lainnya