Voice Note Jitu Menghafal Asmaul Husna

Oleh: Dailah, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Agama dan Budi Pekerti (PABP) yang diajarkan di sekolah jenjang sekolah dasar juga di jenjang pendidikan menengah memiliki tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam bentuk keyakinan, kecintaan kepada Allah SWT melalui proses pengetahuan (knowladge), penghayatan (Appreciation). pengamalan (practice) ,pembiasaan (habituation), keteladanan (exemplary) serta pengalaman keberagamaan peserta didik tentang pendidikan agama sehingga menjadi manusia yang akhlakul karimah yaitu manusia yang produktif dan konsisten dalam pengamalan ajaran agama, bertoleransi (tasamuh), menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan.

Seperti halnya pada kondisi pandemi sekarang ini Penguasaan ilmu agama yang merupakan kebutuhan dasar manusia dari masa ke masa menjadi sangat lebih dibutuhkan karena proses pendidikan dan pembelajaran harus tetap berlangsung, maka guru mutlak harus menguasai IT. Terlebih lagi dengan adanya sistem virtual pendidikan jarak jauh untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM ). Beberapa aplikasi yang familiar digunakan dimasyarakat seperti Wast App Group (WAG), Aplikasi Google Classroom, google form, Zoom Metting dan Microsoft Teams. Semua aplikasi tersebut intinya bisa berkomunikasi dengan peserta didik, materi tersampaikan,dan data terpenuhi dan didapatkan sebagai bukti dari proses pelaksanaan pembelajaran.

Baca juga:   Tingkatkan Kompetensi Guru melalui Kegiatan IHT di Sekolah

Proses belajar siswa via aplikasi internet sangat prinsip membutuhkan kelancaran jaringan internet terpenuhi dan memadai sehingga proses belajar jarak jauh antara siswa dan guru dapat terkoneksi baik. Perangkat yang sekarang ini sudah dimiiki oleh hampir semua kalangan masyarakat yang terkoneksi dengan internet adalah Hand Phone (HP. HP dijadikan sebagai media pembelajaran yang berbasis multimedia yaitu untuk pembelajaran menghafal Asmaul Husna, salah satu materi belajar di kelas IV SDN 03 Sukorejo. Sebagai langkah awal peserta didik bisa mendownload dari internet. Pengenalan pembelajaran Materi Asmaul Husna yang berbasis multi media menggunakan perangkat Voice Note merupakan sebuah metode kreatif yang bisa dikembangkan menjadi sebuah media pembelajaran yang lebih mudah dan menarik. Pembelajaran Materi Asmaul Husna melalui perangkat Voice Note yang ada dalam Hand Phone sangat membantu peserta didik dalam mengenal dan menghafal AsmauL Husna , baik sebagian maupun keseluruhan. Hal ini sesuai dengan 8 cara menghafal Asmaul Husna yang salah satu tahapanya adalah mendengarkan Asmaul Husna dari audio. Sesuai yang terkandung dalam kompetensi dasar, ada beberapa Asmaul Husna yang harus dikuasai siswa melalaui media Voice Note (rekaman) ini peserta didik merekam beberapa Asmaul Husna kemudian peserta didik memutarnya berkali-kali dari Hand Phone dan mendengarkan hasil rekaman tersebut. Meskipun menghafal ini pada tahapan pengetahuan (knowladge) akan tetapi sangat penting dilakukan oleh peserta didik .

Baca juga:   Demonstrasi Variatif Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Dalam pembelajaran Asmaul Husna ada lima yang harus dilakukan peserta didik yaitu mengetahui, memahami, menganalisa , meneladani dan mengamalkanya. Menghafalkan Asmaul Husna melalui Voice Note ini sangat membantu pembelajaran Asmaul Husna dalam tahapan pengetahuan (knowladge), sehingga dengan men-getahui bahkan hapal inilah akan memudahkan peserta didik untuk ke tingkatan berikutnya yaitu memahami sampai mengamalkan Asmaul Husna.

Melalui media Voice Note yang ada dalam perangkat HP peserta didik dapat mudah mengikuti dan memperdalam materi pelajaran Asmaul Husna dan dapat menerapkan dalam kehidupannya sehari-hari di sekolah maupun di rumah. (pg2/zal)

Guru PABP SDN 03 Sukorejo, Pemalang

Author

Populer

Lainnya