Lebih Bersemangat dalam Belajar Iman kepada Rasul dengan Quizizz

Oleh: Dewi Inayati, S.Ag.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, AWAL 2020, dunia sedang dilanda virus corona. Virus ini menyebar sangat cepat sehingga pemerintah di berbagai Negara menerapkan lockdown, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mengimbau warga untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Salah satunya menerapkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Ber-skala Besar) yang dirancang dalam rangka penanganan Covid-19. Dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha PSBB, pemerintah Indonesia membatasi kegiatan di luar rumah, seperti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan kegiatan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, khususnya internet. Dengan sistem belajar jarak jauh, pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik cetak (modul), non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio, dan televisi.

Sejak pertengahan bulan Maret 2020, SMP Negeri 3 Patebon melaksanakan pembelajaran secara daring untuk seluruh mata pelajaran, termasuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pada kegiatan pembelajaran daring seringkali siswa kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya sehingga dapat mengakibatkan kejenuhan dalam pembelajaran. Siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal, terutama pada materi Iman kepada Rasul. Materi ini diajarkan pada kelas 7 semester 2.

Baca juga:   Metode Demonstrasi melalui Video Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada materi ini, siswa diharapkan mampu menguasai aspek pengetahuan tentang sejarah para Rasul. Ini membuat siswa kesulitan. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat dalam belajar sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar.

Ada sebuah cara untuk meningkatkan semangat belajar siswa, yaitu melalui Quizizz. Quizizz adalah salah satu media pembelajaran berbasis digital dan daring. Quizizz dapat digunakan jika ada dukungan internet yang memadai. Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat diakses melalui website www.Quizizz.com. Quizizz digunakan guru untuk membuat suatu penilaian formatif yang dikemas secara menarik bagi peserta didik.

Adapun langkah-langkah untuk menggunakan Quizizz. Pertama, masuk ke alamat https://Quizizz.com/join. Kedua, masukkan enam digit kode yang diberikan oleh guru, lalu klik join. Ketiga, tulis nama, lalu klik start. Kuis dapat dimulai untuk dikerjakan. Keempat, masing-masing soal dikerjakan dalam durasi yang telah ditentukan oleh guru. Kelima, setiap menjawab pertanyaan dengan benar akan muncul point. Point dilihat dari seberapa cepat waktu menjawab. Semakin cepat menjawab jawaban benar, point semakin besar. Peringkat dapat diketahui secara langsung. Keenam, jika menjawab pertanyaan dengan jawaban salah, akan muncul correct atau pembetulan. Ketujuh, jika selesai mengerjakan soal pada akhir kuis akan muncul tampilan review question untuk melihat kembali jawaban yang telah dipilih.

Baca juga:   Melatih Keterampilan Berbicara melalui Kultum

Quizizz mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, siswa lebih bersemangat dalam belajar karena ketika siswa menjawab soal, kecepatan waktu akan mempengaruhi point yang diperoleh. Kedua, siswa akan bersaing dengan siswa lain secara positif untuk mendapatkan peringkat tertinggi. Ketiga, siswa lebih mudah mengingat materi pelajaran dengan menjawab soal-soal yang ada karena setiap jawaban yang salah akan muncul pembetulan dengan jawaban yang benar. Selain kelebihan, Quizizz mempunyai kelemahan. Guru sulit mengontrol siswa ketika siswa mengerjakan soal-soal pada Quizizz. Siswa dapat membuka tab baru untuk mencari jawaban-jawaban dari soal-soal tersebut. Untuk mengatasi ini, guru dapat memotivasi dan menekankan bahwa mengerjakan soal-soal secara jujur itu lebih baik. (ipa1/zal)

Guru SMPN 3 Patebon, Kendal

Author

Populer

Lainnya