Zoom Metting PJJ Tingkatkan HBS

Oleh : Temu, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dunia pendidikan di masa pandemi covid-19 menjadi hal yang sangat merepotkan bagi sebagian besar kalangan. Mulai dari pembuat kebijakan pendidikan, guru, tenaga kependidikan, orang tua wali murid, peserta didik, bahkan masyarakat pada umumnya. Dengan sistem belajar online, banyak orang tua yang mengeluh anaknya susah belajar di rumah, orang tua sibuk, apalagi ada yang tidak bisa mengoperasikan online. Sebagian besar mengharapkan agar pemeritah segera mengeluarkan izin membuka sekolah.

Guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Karena tatap muka masih belum diperbolehkan maka guru memilih aternatif pembelajaran menggunakan zoom meeting. Tentunya dengan pendampingan dari orang tua. Diharapkan dengan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar anak selama pembelajararan jarak jauh (daring). Peran orang tua sangat penting untuk mendukung, memotivasi dan membantu anak dalam pembelajaran.

Pembelajaran IPS Kelas 5 Tahun Pelajaran 2020/2021 Semester 2 KD. 3.4 “Mengidentifikasi faktor-faktor penting penyebab penjajahan bangsa Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatnnya”, hasil belajarnya sangat rendah, karena siswa banyak yang malas membaca buku.

Baca juga:   Crossword Puzzle Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Belajar adalah hal yang dialami setiap manusia, dari kecil hingga dewasa. Belajar merupakan perubahan yang terjadi dalam diri seseorang manusia dalam waktu yang lama, dan hasilnya bisa berupa perubahan pada pola pikir, keterampilan atau perilaku. Atau juga bisa berupa perubahan perilaku, baik yang menyangkut kognitif, psikomotorik, ataupun afektif. Zoom merupakan bentuk aplikasi komunikasi yang menggunakan video secara online dan menggunakan jaringan internet. Aplikasi zoom dapat diunduh melalui hp android, komputer ataupun laptop.

Langkah yang dilakukan guru dalam zoom meeting sebagai berikut : 1) Guru memberikan alamat zoom meeting minimal satu hari sebelum pelaksanaan. Saat zoom sedang berlangsung guru mengucapkan salam,appresiasi dan absensi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran di zoom. 2) Guru memulai materi pembelajaran, menampilkan materi lewat zoom juga bisa mengirimkan zoom video lewat zoom. 3) Anak memahami materi. 4) Guru membuka tanya jawab bila ada anak yang kurang jelas. 5) Anak bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran. 6) Guru memberikan soal. 7) Siswa mengerjakan soal dan mengirim kan jawaban lewat google drive. 8) Guru mengirimkan nama anak yang sudah/belum mengerjakan tugas, sehingga anak akan termotivasi dan lebih semangat lagi dalam pembelajaran. Dengan pendampingan orang tua di rumah ,zoom pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan. Anak termotivasi, antusias dan semangat dalam pembelajaran walaupun belajar jarak jauh.

Baca juga:   Penilaian Pendidikan Jasmani dengan Live Streaming Instagram

Dengan demikian zoom meeting dapat meningkatkan hasil belajar Mapel IPS di kelas V semester 2 SDN 03 Legokkalong Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Semoga pembelajaran zoom meeting ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. (gb1/ton)

Guru Kelas 5 SDN 03 Legokkalong Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya