Strategi Card Sort sebagai Peningkat Kemampuan Menghafal Siswa

Oleh : Suyanti, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, M DAUD ALI menyatakan bahwa mempelajarai agama Islam merupakan kewajiban bagi setiap pemeluk agama Islam, karena mempelajari ajaran agama Islam hukumnya adalah fardu ‘ain, yakni kewajiban bagi setiap pribadi muslim dan muslimah, sedangkan mengkaji ajaran Islam, terutama yang dikembangkan oleh akal pikiran manusia, diwajibkan kepada masyarakat atau kelompok masyarakat untuk mempelajarinya.Tujuan membaca Alquran ialah dapat meningkatkan keimanan bagi pembacanya,membentuk kepribadian yang baik,dapat menyejuktan hati,dan sebagainya.

Sebab dari itu Pendidikan Agama Islam di sekolah harus benar – benar dilaksanakan dengan baik agar dapat diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat oleh siswa. Sebagaimana contoh pada jenjang kelas IV SD di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat beberapa materi yang harus dikuasai siswa salah satunya menghafal surat – surat pendek,salah satunya ialah surat Al – Fatihah dan surat Al – Ikhlash. Agar pembelajaran berjalan sesuai dengan harapat yaitu siswa dapat menguasai materi tersebut dengan akurat maka diperlukanya keterlibatan guru dan siswa sangat diharapkan, maka dengan demikian guru harus dituntut untuk menguasai teknik dan strategi metode mengajar.

Dalam satu kelas pasti banyak tipe-tipe dari beberapa siswa dalam hal menghafal surat, ada yang cepat menghafal,lambat dalam menghafal dan bahkan tidak hafal sama sekali atau sulit sekali menghafal. Dalam hal ini guru harus dituntut untuk semaksimal mungkin agar siswa yang sulit menghafal surat pendek tersebut bisa hafal sebagaimana temen temanya. Sebab dengan hafalan memegang peran penting dalam belajar jika tidak bisa menghafal surat pendek bagaimana siswa mengaplikasikanya saat solat,dan selain itu ibadah solat tidak akan lengkap tanpa membaca surat -surat pendek Alquran.

Baca juga:   Serunya Permainan Game Penilaian Kahoot

Menurut pengalaman dari penulis yang menjadi salah satu guru di SDN 01 Kalijoyo bahwa guru telah melakukan beberapa metode pembelajaran diantaranya dengan menggunakan latihan pengulangan atau driil.Akan tetapi kemampuan siswa dalam menghafal masih sangatlah rendah. Dilihat dari beberapa metode yang dinilai kurang efektif dan kurang memberikan hasil yang optimal dengan kata lain kemampuan siswa dalam mengahal masih sangat rendah maka penulis metode untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal menggunakan strategi Card Sort. Hartono dalam bukunya yang berjudul ”Strategi Pembelajaran” menyatakan Strategi Card Sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi infomasi.

Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu guru harus memberikan penjelasan tentang strategi pembelajaran Card Sort dengan bahasa yang mudah di pahami siswa. Selanjutnya langkah ke dua guru memberikan kartu indek yang berisi potongan ayat dan arti kepada masing – masing siswa. Langkah ketiga yaitu guru meminta setiap siswa membaca potongan ayat dan arti yang ada di dalam kartu indeks, disisi lain guru juga meminta siswa yang lain memperhatikan temannya saat membacakan kartu indeks.Langkah ke empat, guru meminta sisiwa dengan kategori yang sama berkelompok (misal dipembelajaran ini kita mengulas hafalan surat pendek Al – Fatihah dan Al – Ikhlas maka ada 2 kelompok). Agar kondisi kelas sedikit seru guru memberikan hukuman bagi siswa yang melakukan kesalahan tentunya dengan hukuman yang sudah disepakati bersama.Setelah itu langkah ke lima yaitu guru meminta setiap kelompok berdiskusi untuk mengurutkan ayat demi ayat dari kartu indeks,dan dilanjut guru mengontorol hasil dari hafalan setiap kelompok dengan meminta setiap anggota kelompok membacakan potongan ayat dan arti secara urut. Kemudian diakhir pembelajaran guru meminta kepada seluruh siswa untuk membaca surat yang dipelajari secara bersama – sama. Lalu guru meminta kepada siswa untuk menghafal surat yang sudah dipelajari tersebut.
Dengan dilakukannya metode strategi Card Sort ini kemampuan menghafal siswa di SDN 01 Kalijoyo semakin meningkat. (ce2.1/zal)

Baca juga:   Porfolio Based Learning Efektif Tingkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Guru SDN 01 Kalijoyo, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya