Siswa Semangat Belajar dengan Berbagai Metode Pembelajaran

Oleh : Sri Mulatsih, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, HADIRNYA pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan dalam beberapa aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek pendidikan. Pemerintah mulai menerapkan kebijakan social atau physical distancing yang bertujuan untuk mengurangi penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia. Sehingga hal ini mengharuskan pelaksanaan kegiatan pendidikan dilakukan secara daring dengan jarak jauh. Pembelajaran tidak lagi dilakukan melalui pertemuan konvensional tatap muka, melainkan mulai dipadukan secara daring dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Mutu pendidikan yang baik menjadi kunci utama dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Dalam hal ini institusi pendidikan menjadi elemen penting yang harus di update dari waktu ke waktu. Metode pembelajaran turut mempengaruhi penyampaian materi dari guru pada siswa. Metode belajar yang kurang menarik dapat menurunkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Oleh karenanya penting untuk menemukan macam-macam metode pembelajaran baru yang lebih kreatif dan inovatif. Menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.

Dalam situasi pandemi ini, metode pembelajaran hiburan, merupakan salah satu cara alternatif dalam menerapkan proses belajar mengajar. Di musim pandemi ini, metode hiburan ini sangat sesuai diterapkan untuk KBM yang lebih menyenangkan. Karena disituasi yang siswanya tidak boleh kemana-mana, belajar dengan jarak jauh adalah pilihan terbaik, dan salah satu caranya hanya bisa memberikan materi dengan menarik. Ini terjadi pada siswa SDN 01 Kebonagung yang peserta didiknya bermalas-malasan mengumpulkan tugas, atau mengikuti pelajaran melalui daring.

Baca juga:   Metode Repetition Tingkatkan Kemampuan Menulis Siswa

Jenis-jenis metode pembelajaran yang penulis terapkan di kelas 5 pada masa pandemi antara lain: Pertama, buat game yang menarik. Yaitu menyisipkan game dalam pembelajaran. Pendekatan belajar menggunakan game dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup. Poin pentingnya adalah menghindarkan murid dari kebosanan setiap harinya. Kedua, manfaatkan teknologi yang ada. Yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jika biasanya guru mengajar dengan cara menulis di papan tulis. Ketiga, tumbuhkan ketertarikan siswa dengan memasukkan misteri dalam pelajaran, yaitu dengan cara memancing minat dan ketertarikan siswa pada kelas selanjutnya. Keempat, bermain pasif. Kegiatan bermain pasif tidak melibatkan banyak gerakan tubuh anak, tetapi hanya melibatkan sebagian indera saja terutama pendengaran dan penglihatan. Kelima, ciptakan suasana ruangan yang berbeda. Suasana ruangan yang itu-itu saja nyatanya turut mempengaruhi tingkat kebosanan siswa. Supaya siswa didik merasakan suasana baru yang lebih menarik, mencoba untuk menciptakan tampilan ruang kelas yang berbeda.

Metode belajar yang efektif tidak semata-mata berorientasi pada angka. Tapi, juga perkembangan siswa didik secara mental dan emosional. Melalui metode belajar yang menarik dengan melibatkan siswa di dalamnya akan membantu mereka untuk tumbuh percaya diri dalam menyampaikan pendapat dan menghadapi dunia luar nantinya. (ce2.3/zal)

Baca juga:   Peran IT pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Guru SDN 01 Kebonagung, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya