Dengan Membuat Video Pembelajaran Matematika Lebih Mudah

Oleh : Krismanto S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEUNGGULAN pembelajaran menggunakan video ialah mudah digunakan dan mampu menjelaskan konten atau materi dengan lebih nyata. Salah satu cara untuk menghasilkan proses pembelajaran matematika yang menarik adalah dengan memanfaatkan video sebagai sumber dan media pembelajaran. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa orang lebih tertarik belajar menggunakan media video dari pada belajar melalui media teks dan gambar diam (Fadhli, 2015). Pembelajaran yang dilakukan dengan media video efektif membuat anak bisa menerima pembelajaran yang diberikan kepadanya (Putri, 2012). Secara garis besar video dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu video analog dan video digital.

Sebab situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, menjadikan daring sebagai solusi yang dianggap efektif dalam pembelajaran. Akan tetapi realitanya, selain dianggap sebagai solusi daring juga dianggap sebagai permasalahan baru. Karena pengajaran untuk anak SD sangat berbeda dengan jenjang di atasnya. Banyak sekali permasalahan yang ditimbulkan dengan adanya pembelajaran daring seperti ini. Selain itu, mendapatkan respon baik dari beberapa orang tua siswa selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan video pembelajaran ini, siswa merasa mudah dalam belajar matematika secara daring.

Baca juga:   Peran Serta Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid 19

Akhirnya, penulis menerapkan video pembelajaran, ini bisa digunakan untuk pembelajaran secara tatap muka nantinya guru kelas hanya menyiapkan speaker, LCD dan layar proyektor saja. Video pembelajaran matematika kali ini, penulis menggunakan video presentasi linier. Video presentasi linier merupakan video yang menampilkan materi pembelajaran dengan rangkaian slide-slide power point menurut durasi dan animasi yang telah ditentukan. Adapun langkah pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa, lalu memasukan materi ke dalam beberapa slide power point. Tentukan inti-intinya saja agar terlihat simpel (tidak penuh). Selanjutnya tambahkan animasi yang menarik terhadap slide materi dan berikan beberapa transisi slide sehingga tampak lebih menarik. Setelah itu simpan dokumen, power point dalam format video. Caranya ialah klik “Tab File” yang berada di pojok power point, lalu klik “Export” di bagian kiri dari pilihan, lalu klik “Create a Video” dan klik “Presentation Quality” untuk menentukan kualitas dari video.

Setelah siap merekam dengan menjelaskan materi (Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian) dan menentukan durasi waktu berjalannya slide, maka mulailah klik “Record Timing & Narations.” Kemudian setelah semua sudah disiapkan klik “Start Recording” untuk memulai rekaman, maka setelah slide masuk dalam model show silahkan jelaskan dan jalankan materi yang telah disiapkan dengan sistematis dan tenang. Setelah selesai materi tekan tombol “ESC” di bagian paling atas dari keyboard, lalu klik tombol “Create Video” dan ketik nama judul video lalu “Save”.

Baca juga:   Metode Card Sort Membantu Siswa Menghafal Huruf Hijaiyah

Setelah video pembelajaran selesai, guru hanya perlu membagikanya melalui grup kelas. Atau guru bisa mengunggahnya di channel youtube pribadi, kemudian meminta siswa untuk mengakses video pembelajaran yaitu dengan cara guru memberikan pengumuman di grup wali murid dan sekaligus memberikan link dari video itu. Tidak lupa meminta bantuan dari orang tua murid untuk mengawasi anak-anaknya saat mengakses youtube. Kemudian untuk memantau apakah siswa sudah mengakses link dari video pembelajaran yaitu meminta siswa menulis nama dan nomor absesn di kolom komentar.

Dengan video pembelajaran ini dapat membantu penyampaian pembelajaran daring yang efektif di SDN Kedungjaran. Terbukti hasil belajar siswa 70 persen tuntas di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM). (ce4/ida)

Guru SDN Kedungjaran, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya