Bermain Anagram untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Oleh : Ike Handayani, S. Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan siswa SMP Negeri 2 Comal kepada saya adalah “bagaimana cara meningkatkan kosakata bahasa inggris”, untuk itulah saya akan berbagi cara mudah yang bisa anda praktikkan sendiri.

Dengan meperluas pengetahuan kosakata baru, anda dapat berkomunikasi dengan lebih jelas. Selain itu mempelajari kata baru adalah aktivitas yang menyenangkan karena bisa dilakukan bersama orang-orang disekitar anda, tentunya teman dan anggota keluarga untuk belajar kata – kata baru bersama.

Namun memperluas wawasan kosakata itu sama seperti diet, kamu harus berusaha dan tak ada trik sulap atau rahasia ataupun cara singkat untuk melakukannya. Setiap orang harus mencari cara terbaik untuk mereka sendiri tapi dengan bersabar membuat sebuah goal yang realistis dan memberikan diri sendiri hadiah. Jika kamu berhasil mencapainya adalah taktik yang bagus serta dapat di lengkapi dengan beberapa cara yaitu permainan anagram.

Anagram berasal dari bahasa yunani yaitu ana yang berarti kembali ke belakang dan grama berarti huruf. Jadi anagram menurut Grolier Encyclopedia (1995 : 356), a word or phrase formed by rearranging the letter of another word or phrase is an anagram. Dari pengertian tersebut anagram diartikan sebagai menyusun kembali huruf-huruf dari suatu kata menjadi kata atau kelompok kata yang lain.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Melukis Ragam Hias dengan Teknik Ecoprint

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa anagram adalah suatu bentuk media permainan kata dalam pembelajaran kosakata. Pada saat melakukan permainan, siswa diminta untuk mengubah susunan atau urutan huruf-huruf suatu kata sehingga membentuk kata atau kelompok kata yang lain.

Anagram sebagai media permainan mempunyai beberapa kelebihan. Menurut (Tarigan, 1989:256) kelebihan anagram yaitu anagram dapat dipakai oleh para guru untuk membangkitkan minat para siswa terhadap kata-kata dan memberi siswa kesempatan untuk membentuk kata-kata.

Soeparno (1988: 64) juga berpendapat tentang kelebihan permainan bahasa seperti anagram, diantaranya : dapat dipakai untuk meningkatkan kadar CBSA para siswa dalam permainan bahasa ini, bukan saja aktivitas fisik, tetapi jugaaktivitas mental, dapat dipakai untuk membangkitkan kembali gairah belajar siswa yang sudah mulai lesu, sifat kompetitif yang ada dalam permainan dapat mendorong siswa berlomba-lomba maju, selain untuk menimbulkan kegembiraan dan melatih ketrampilan tertentu, permainan bahasa juga dapat memupuk rasa solidaritas (terutama untuk permainab beregu dan materi yang dikominikasikan lewat permainan bahasa biasanya mengesankan sehina sukar dilupakan.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Picture And Picture

Untuk membentuk anagram tidaklah mudah, satu jenis kata dapat berubah menjadi jenis kata yang lain. Suatu kata benda dapat berubah menjadi kata kerja atau dapat juga tetap menjadi kata benda yang lain, suatu kata keterangan dapat berubah menjadi kata sifat, dan lain sebagainya. Pengajar dapat menentukan satu kata, kemudian dengan huruf yang sama pembelajar arus mengubahnya menjadi kata lain. Contoh : Heart – earth. Listen – silent. Teachers – cheers.

Permainan ini menjadi menarik karena untuk memperoleh sebuah kata baru, anda perlu mengotak – atik huruf. Pengalaman menemukan kosakata baru melalui hasil otak – atik huruf itulah yang bisa membuat memori tentang kosakata itu. (ag1/zal)

Guru Bahasa Inggris, SMPN 2 Comal

Author

Populer

Lainnya