PJJ Ikatan Kimia dengan Aplikasi Screen Recording Office 2016

Oleh : Wahyurini Suprihati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi Covid-19 seorang guru dituntut terus berinovasi menyajikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) berupa pembelajaran online. Tiga hal yang perlu dipersiapkan dalam pembelajaran online adalah media, metode dan materi. Ketiga hal tersebut jika dikombinasikan dengan baik akan menjadikan proses pembelajaran yang menarik, memotivasi, dan memberikan tantangan bagi siswa. Media menjadi kunci suatu metode dan materi pembelajaran bisa disampaikan kepada siswa, oleh karena itu kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang sederhana namun efektif membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya menjadi hal yang penting selama pembelajaran online.

Materi ikatan kimia di SMA bagi sebagian siswa merupakan sesuatu yang sulit dan abstrak sehingga media visual seperti modul, PPT atau LKPD saja tidak cukup untuk siswa memahami materi ikatan kimia. Siswa membutuhkan penjelasan dari guru mengenai istilah-istilah dalam ikatan kimia. Penekanan konsep dasar ikatan kimia maupun prosedur penyelesaian masalah. Media pembelajaran yang menggunakan unsur audio visual menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut yang saat ini sudah banyak digunakan, salah satunya video tutorial.

Pembuatan video tutorial bisa dilakukan dengan berbagai macam aplikasi, di antaranya Bandicam, Screen Castify, OBS Studio, ScreenRec, dan Screen Recording pada Power Point Aplikasi Screen Recording tersedia pada microsoft power point yang menggunakan Office 2016 ke atas yang tersedia pada menu insert media yang di dalamnya juga terdapat aplikasi insert audio dan insert video. Langkah yang dilakukan untuk merekam layar menggunakan aplikasi screen recording pada power point cukup mudah. Guru bisa mencari tutorial screen recording pada power point di internet. Output media yang diperoleh dengan aplikasi screen recording ini berupa video dengan format MP4.

Baca juga:   Pembelajaran IPA dengan Aplikasi Whatsapp

Pembuatan video tutorial materi ikatan kimia menggunakan aplikasi screen recording dimulai dengan mempersiapkan materi ikatan kimia pada power point lengkap dengan animasi dan sisipan video. Secara umum tahapan perekaman dimulai dengan pemilihan slide yang akan disisipi, dilanjutkan dengan pemilihan area layar. Tahap berikutnya adalah memulai perekaman dan tahap akhir adalah mengekspor sisipan menjadi video dengan format MP4.

Keefektifan media pembelajaran salah satunya mempertimbangkan mudah tidaknya siswa mengakses media tersebut. Hal ini berkaitan dengan durasi video dan ukuran file video yang dibuat. Dengan durasi yang kurang dari 10 menit atau ukuran file video kurang dari 60 MB, maka file video dengan mudah dibagikan kepada siswa melalui Whatsapp dan diunggah ke Google Class Room. Dalam pembuatan video tutorial materi ikatan kimia lebih efektif dengan perekaman satu atau dua slide menjadi satu video tutorial. Hal ini untuk mencegah kejenuhan siswa dan untuk mempermudah pengiriman video melalui whatsapp.

Respon siswa SMA MTA Surakarta pada pembelajaran kimia menggunakan video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru cukup baik. Setidaknya siswa memperoleh penjelasan dari tayangan power point yang dibuat guru dan video hasil perekaman yang berbentuk file MP4 mudah diputar di banyak aplikasi pemutar video. Kekurangan video tutorial ini menurut siswa adalah kurang interaktif, oleh karena itu perlu dikombinasikan dengan media interaktif seperti Zoom atau video call.

Baca juga:   Pemanfaatan YouTube sebagai Sarana Pembelajaran PPKn di Masa Pandemi

Permasalahan guru agar bisa menjelaskan materi ikatan kimia dan permasalahan siswa agar dapat memahami materi ikatan teratasi dengan video pembelajaran menggunakan aplikasi screen recording pada microsoft Power Point 2016. (kb4/lis)

Guru Kimia SMA MTA Surakarta

Author

Populer

Lainnya