Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan RME

Oleh : Siswoto S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN matematika pada jenjang pendidikan dasar mempunyai peranan yang sangat penting sebab jenjang ini merupakan pondasi yang sangat menentukan dalam membentuk sikap, kecerdasan, dan kepribadian anak. Karena itu, Mendikbud Wardiman Djojonegoro dalam Shandy (2008) dalam sambutannya pada konferensi matematika Asia Tenggara IV mengemukakan, pelajaran matematika yang diberikan terutama pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dimaksudkan agar pada akhir setiap tahap pendidikan, peserta didik memiliki kemampuan tertentu bagi kehidupan selanjutnya.

Namun kenyataan menunjukkan banyaknya keluhan dari siswa tentang pelajaran matematika yang sulit, tidak menarik, dan membosankan. Keluhan ini secara langsung atau tidak langsung akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah, guru harus dapat memperbaiki proses pembelajarannya dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).

Pertama kali RME dikembangkan oleh Freudenthal pada tahun 1971 di Utrecht University Belanda. Menurut Freudenthal bahwa belajar matematika adalah suatu aktivitas, sehingga kelas matematika bukan tempat memindahkan matematika dari guru kepada siswa, melainkan tempat siswa menemukan kembali ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah-masalah nyata (Yuwono, 2001:17).

Baca juga:   Penggunaan Media Kardus dalam Pembelajaran Lari Gawang selama BDR

Berikut ini pembelajaran matematika kelas V SDN Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, dengan materi keliling bidang datar menggunakan pedekatan RME. Strategi yang digunakan adalah penemuan terbimbing di mana siswa diajak praktik menemukan rumus keliling persegi dan persegi panjang dengan dipandu langkah-langkah yang sudah tertuang dalam video pembelajaran. Sebelum pembelajaran, guru meminta siswa menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk praktik. Setelah itu, mereka mengikuti langkah-langkah yang disampaikan melalui video sambil melihat contoh yang sudah dipraktikkan guru melalui video tersebut. Siswa juga diberikan Lembar Kegiatan Siswa tempat mereka mencatat hasil penemuan dan menemukan rumusnya sendiri. Guru memantau kegiatan siswa secara online dan memberikan masukan terhadap hasil pekerjaan siswa serta membimbing siswa yang merasa kesulitan.

Sebagian siswa senang dengan pendekatan pembelajaran tersebut, karena mereka bisa praktik sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sudah dicontohkan oleh guru dalam video yang mereka simak. Mereka antusias dan semangat mengukur keliling sebuah persegi dan persegi panjang di sekitar mereka, serta menemukan sendiri rumus keliling persegi dan persegi panjang.

Baca juga:   Simpelnya Alat Bantu Pendukung Pembelajaran PAI dengan Gambar

Ternyata penggunaan pendekatan RME untuk pembelajaran matematika materi keliling bidang datar, hasil belajar siswa kenaikannya signifikan. Hal ini karena siswa membangun sendiri pengetahuannya, maka siswa tidak mudah lupa dengan pengetahuannya. Selain itu, suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena menggunakan realitas kehidupan, sehingga siswa tidak cepat bosan untuk belajar matematika. (pg2/ida)

Guru SDN Pungangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya